0 items in your shopping cart

No products in the cart.

PEMAHAMAN TENTANG KAIN JAQUARD

Busana muslim saat ini sudah berkembang sangat pesat, mulai dari segi model hingga bahan yang digunakan. Banyak wanita muslimah yang ingin tampil cantik dan berbeda dari yang lainnya, sehingga membuat para desainer mencoba hal baru dengan membuat busana muslim dari kain yang eksklusif. Salah satu kain yang disukai para desainer adalah kain JAQURD. Baju-baju muslim pesta banyak menggunakan kain bernama kain JAQUARD, karna lebih eksklusif dan nampak mewah saat dikenakan.

Lalu apa sebenarnya kain Jaquard itu sendiri? Berikut ini adalah penjelasan mengenai kain JAQUARD.

JACQUARD diambil dari nama penemu alat tenun kain jenis ini yaitu Joseph Marie Jacquard. Akhirnya kain ini pun bernama Jacquard, mengabadikan nama penemunya. Kain ini banyak disukai orang karena berkilau dan ringan. Kain Jacquard adalah kain motif dimana motif tersebut dihasilkan dari proses tenun bukan dari proses cetak.  Untuk menghasilkan kain jacquard menggunakan mesin tenun jenis Jacquard yang ditemukan pertamakali pada tahun 1801.

Dengan mesin Jacquard motif kain yang dihasilkan bisa beragam mulai dari motif geometris sampai motif bunga bisa dihasilkan dengan mesin ini.  Biasanya kain Jacquard ini memiliki lapisan kain yang berkilap dan licin dan agak berkilau. Untuk jenis benang untuk membuat kain Jacquard bisa bermacam-macam antara lain jenis katun, sutra, wool, linen dan yang paling sering ditemui adalah kain jacquard dari bahan polyester.

Kain Jaquard sendiri saat ini memiliki harga yang relatif mahal karna hasilnya yang terlihat mewah dan glamour pada baju. Sehingga tak jarang jika banyak orang menyukai kain Jaquard untuk bahan baju khususnya.

Contoh Baju Muslim ETHICA Dengan Kain Jaquard

KAGUMI-27-TOSCA KAGUMI-19-PINK KAGUMI-20-HIJAU KAGUMI-23-MERAH-HATI KAGUMI-28-BIRU pict-kagumi-25-coklat

Kain jacquard sendiri ada beberapa macam. Sekarang ada mesin tenun jacquard teknologi timbul. Yang membuat kain ini semakin cantik dan mewah. Yaitu dengan teknik finishing kerut atau timbul. Kain jacquard jenis ini dinamakan Jacquard Wrinkle Embossed. Karena mewah dan fleksible, kain jenis ini biasanya dijadikan busana pengantin, baju muslimah, gaun malam, maupun dress.

Selain itu ada juga jenis Jacquard quilting. Dimana memiliki serat yang lebih tebal dan lebih padat juga kliatan glossy. Ditambah dengan motif emboss (timbul) menjadikannya kelihatan sangat mewah. Biasaanya digunakan sebagai bahan springbed. Terbuat dari 100% cotton. Dingin, lembut, tidak berbulu tapi kelihatan mewahnya.

Untuk perawatan kain Jaquard sendiri memerlukan perawatan yang khusus pastinya. Karena bahan Jaquard sangat sensitive dan rentan terhadap kerusakan. Untuk mencuci busana muslim dari bahan Jaquard sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci, karena mesin cuci dapat merusak serat kain dan membuatnya mudah sobek. Selain itu jangan menyetrika dalam suhu yang tinggi, kain jacquard mudah terbakar karna bahan polyester yang mengkilap. Jika ada lebih baik anda menggunakan setrika uap untuk mencegah rusaknya busana anda yang terbuat dari bahan Jaquard.

Nah.. Pastinya anda sudah paham bukan apa itu kain Jaquard. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam memilih busana muslim masa kini 😉

5 Comments

    Leave a response

    twelve + twenty =