0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keunggulan Kain Rayon

Keunggulan kain rayon menjadi salah satu pertimbangan kalangan produsen pakaian menggunakan bahan rayon sebagai bahan dasarnya. Keunggulan kain rayon juga menjadi daya tarik beberapa kalangan memilih pakaian berbahan rayon. Kain rayon merupakan salah satu jenis kain yang sudah sangat populer di industri garmen. Akhir-akhir ini keunggulan kain rayon dimanfaatkan oleh produsen pakaian sebagai bahan pembuatan hijab dan busana muslim.

Keunggulan kain rayon berikutnya adalah kain yang terbuat dari serat semi sintetis, artinya kain rayon pada dasarnya berasal dari serat selulosa murni yang berasal dari ampas kayu. Namun serat alami ini bisa menjadi kain dengan campuran bahan kimia sehingga kain rayon merupakan kain semi sintetis.

Kenggulan kain rayon juga memiliki karakteristik seperti katun yaitu mampu menyerap air dengan cukup baik. Sehingga dalam industri fashion keunggulan kain rayon dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakaian kasual. Tidak hanya mampu menyerap air dengan baik saja, keunggulan kain rayon juga sangat ringan, adem saat digunakan, dan terasa halus dan lembut dikulit.

Keunggulan Kain Rayon Untuk Pakaian

Keunggulan Kain Rayon

sumber : https://mefahlan.com/

Pada penggunaan sebagai bahan pakaian, kain rayon memiliki beberapa keunggulan sehingga banyak disukai oleh kalangan produsen kain dan konsumen atau pecinta dunia fashion. Beberapa keunggulan kain rayon selengkapnya bisa di cek di bawah ini.

Lembut

Keunggulan kain rayon yang pertama adalah memiliki tekstur kain yang lembut sehingga mampu memberikan keyamanan saat digunakan. Tekstur yang lembut ini juga tidak memicu alergi kulit bagi yang memiliki kulit sensitif. Kelembutan kain rayon memiliki tingkatan di bawah kain sutra karena kain rayon awalnya dibikin sebagai kain tiruan dari kain sutra. Keunggulan kain rayon tidak sekedar dimanfaatkan sebagai bahan untuk pakaian saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mukena.

Daya Serap Air Bagus

Keunggulan kain rayon kedua adalah kain memiliki daya serap air yang bagus. Kemampuan daya serap air yang bagus ini menjadikan kain rayon sangat cocok digunakan pakaian di daerah beriklim tropis yang siang harinya memiliki cuaca panas. Dengan daya serap air yang baik maka keringat yang berlebih dicuaca panas dapat terserap dengan baik sehingga aktivitas sehari-hari bisa nyaman dan tidak terganggu.

Harga Murah

Keunggulan kain rayon berikut ini bukan dari karakteristik yang dimiliki oleh kain rayon, tetapi keunggulan kain rayon yang berasal dari luar karakteristiknya, yaitu memiliki harga kain yang murah atau cukup terjangkau di semua kalangan. Kain tiruan kain sutra ini memang di buat untuk menggantikan kain sutra dengan harga yang sangat mahal.

Banyak Varian Jenisnya

Keunggulan kain rayon selanjutnya adalah kain memiliki beberapa jenis atau varian sebagai pilihan. Sehingga produsen pakaian dan konsumen bisa memilih sesuai dengan keinginannya. Bebera jenis atau varian kain rayon diantarannya adalah rayon PE, rayon jersey sampai rayon spandek.

Kelemahan Kain Rayon

sumber : https://www.kaos-kerah.com/

Kelemahan kain rayon juga perlu kami sampaikan selain berbicara tentang keunggulan kain rayon supaya informasi tentang kain rayon bisa untuh. Apa saja kelemahan kain rayon ? Ayo selengkapnya bisa di lihat uraian di bawah ini.

Mudah Luntur

Kelemahan kain rayon pertama adalah warna kainnya mudah luntur. Sehingga dalam perawatannya harus tepat dan benar salah satunya saat mencucinya. Warna kain yang mudah luntur ini membuat kain tampak tidak bagus lagi meskipun pakaian berbahan rayon ini baru di beli.

Licin

Kelemahan kedua dari kain rayon adalah kain licin. Kain licin biasanya akan lebih sulit untuk dibentuk karena memiliki sifat jatuh. Namun meskipun licin bukan berarti tidak bisa dikreasiakan menjadi berbagai macam bentuk untuk desain pakaian.

Tipis

Pada umumnya jenis kain rayon memiliki kain yang tipis sehingga dalam penggunaannya harus ditambahi furing atau bahan tipis lainnya supaya tidak menerawang. Namun beberapa jenis kain rayon dengan kualitas premium juga ada yang memiliki ketebalan kain yang bagus.

Gampang Terbakar

Karena bahan berasal dari semi sentetis maka, kain rayon mudah terbakar jika terkena panas. Sehingga pakaian bahan rayon sebaiknya jangan disetrika pada suhu panas yang tinggi. Selain itu jangan didekatkan dari sumber api yang bisa membuata terbakar.

Varian Kain Rayon

sumber : https://lifestyle.bisnis.com/

Varian kain rayon merupakan salah satu dari keunggulan kain rayon karena bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan pemanfaatannya. Untuk selengkapnya varian dari kain rayon bisa di lihat di bawah ini.

Kain Rayon PE

Kain rayon PE merupakan varian kain rayon yang terbuat dari serat rayon dan polyester. Jenis atau varian kain rayon ini adalah kain rayon yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan varian kain rayon lainnya. Namun, kandungan polyester pada kain rayon tidak hanya meningkatkan kualitasnya saja, tetapi juga bisa menurunkan kualitannya jika kandunang polyesternya terlalu tinggi.

Kain Rayon Jersey

Varian kain rayon ini berasal dari gabungan antara benang serat jersey dan benang serat rayon. Jenis kain rayon jersey juga banyak disukai oleh konsumen dan ini terbukti dengan semakin banyaknya permintaan dipasaran.

Kain Rayon Spandek

Kain rayon spandek memiliki ciri pada kainnya diantaranya adalah kain lembut, fleksibel dan kain sangat mudah untuk direnggangkan. Bahan rayon spandek pada penggunaanya sering dibuat sebagai bahan jilbab maupun pakaian olahraga.

Kain Rayon Crinkle

Varian kain rayon satu ini cukup unik, yaitu memiliki permukaan tidak rata dan permukaan kain berkerut seperti kulit jeruk. Jenis varian ini sangat bagus jika dijadikan sebagai bahan pakaian karena akan memberikan kesan yang modis dan berkarakter kuat.

Penggunaan Kain Rayon

sumber : http://adhiputrabusana.com/

Di dunia fashion atau di pasaran, keunggulan kain rayon dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pembuatan berbagai macam pakaian diantaranya seperti blus, jaket, daster, gaun. Tidak hanya itu saja , kain rayon juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan pakaian dalam, syal, pakaian olahraga, kaus kaki, pelapis sepatu, dasi, dan lain lainnya.

Tidak hanya sekedar bahan untuk pakaian, kain rayon juga dijadikan sebagai bahan pembuatan beberapa keperluana sehari-hari seperti seprei, selimut, pelapis jok, dan dekorasi jendela. Kain rayon juga dijadikan sebagai bahan pembuatan pembalut wanita, handuk, popok dan masih banyak lagi.

Cara Merawat Kain Rayon

Kerena kain rayon yang memiliki beberapa kelemahan yang bisa menurunkan kualitas bahan pada pakaian, maka diperlukan perawatan yang baik dan benar supaya kualitas bahan pada pakaian bisa terjaga.

  • Cara merawat pakaian bahan rayon pertama adalah mencuci pakaian berbahan rayon menggunakan tangan yaitu dengan cara menguceknya. Supaya bahan rayon bisa awet, maka sebelum menguceknya, pakaian bahan rayon sebaiknya direndam dalam air hangat.
  • Cara perawatan kedua adalah saat menyetrika pakaian berbahan rayon harus pada suhu panas yang sedang. Karena bahan rayon mudah terbakar jangan sampai menseting suhu setrika pada panas yang tinggi supaya tekstur kain rayon juga tetap terjaga kualitasnya.
  • Cara ketiga dalam perwatan pakaian berbahan rayon adalah dengan menyimpannya dilemari dengan cara digantung. Karena jika dilipat akan menimbulkan bekas lipatan yang mengurangi kerapian dari pakaian berbahan rayon.

Jadi informasi tetang keunggulan kain rayon di atas bisa menjadi pengetahuan dan rekomendasi bagi semua kalangan untuk menggunakan bahan rayon dalam memilih bahan pakaian ataupun keperluan sehari hari. Semoga bermanfaat.

Leave a response

17 − fifteen =