0 items in your shopping cart

No products in the cart.

APA ITU KATUN TWILL??

Di dalam dunia fashion kita mengenal banyak jenis kain, diantaranya yaitu jenis kain Twill. Sebagai orang awam pada bahan pakaian mungkin kita akan bertanya-tanya apa itu katun twill. Saat ini bahan katun twill memang sangat digemari wanita muslimah dan sedang hitz di kalangan fashion muslim.

Contoh sederhana kain Twill ini adalah kain yang dipakai untuk bahan setelan katun atasan Imari 11 dan rok Imari 12 yang saat ini sedang banyak digemari kaum muslimah pecinta brand Ethica. Ciri kain Twill dapat kita tandai dari cara menenun diagonal. Kain ini memiliki tekstur yang lumayan ringan, apalagi jika ditenun dengan wol akan menghasilkan kualitas kain yang bagus, meski tidak efektif jika digunakan di suhu dingin. Twill memiliki teksture layaknya drill, perbedaannya terletak pada ketebalannya yang lebih tebal dari drill. Selain biasa digunakan untuk kain busana muslim, kain Twill juga cocok digunakan untuk bahan jaket.

Imari-11-Ungu Imari-11-Merah-Bata Imari-11-Abu

Apa itu katun Twill? Katun Twill juga biasa disebut sebagai katun Cina. Katun Twill ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun Jepang. Namun katun Twill pada umumnya memiliki tekstur kain yang lebih tipis dan dari segi warna kurang kuat atau kurang mencolok. Selain itu Twill juga memiliki campuran spandex 2%, sehingga Twill akan memiliki kelenturan apabila mendapatkan tekanan selain itu akan mengunci warna sehingga tidak mudah pudar. Oleh sebab itu bahan Twill ini sering digunakan untuk busana muslim karena memiliki kelenturan. Kelenturan ini juga menjadikan busana muslim menjadi tahan lama.

Katun Twill memiliki permukaan yang sama dengan drill, yaitu berbentuk diagonal. Mengikuti kemajuan jaman, kain twill pun dibuat dengan mengikuti kebutuhan yang diperlukan konsumen. Katun Twill akhirnya diproduksi turunannya, baik dari segi kerapatan tenunnya maupun dari ketebalan kain katunnya. Sifat kain katun Twill ini adalah kuat dan tahan lama. Sehingga katun Twill lebih cocok digunakan untuk busana muslim, kemeja lapangan, jaket kantor maupun jaket lapangan, serta dibuat sebagai bahan celana bentuk kargo.

Imari-12-TOsca Imari-12-Salem Imari-12-Navy

Sekarang banyak sekali produsen baju atau perancang baju yang memakai bahan katun twill sebagai bahan utama pakaiannya. Apalagi untuk produsen baju muslim, pastinya mereka akan memilih katun twill karna ketebalan pada katun twill yang tidak lagi memerlukan furing ketika dijadikan sebagai bahan busana muslim. Mungkin ketika sekilas dilihat, katun twill seperti berpori besar namun sebenarnya kain ini tebal meski tidak setebal kain katun Jepang. Bahan katun twill sendiri juga adem dan nyaman dipakai para wanita muslimah. Bahan katun twill memiliki daya serap keringat yang bagus namun tidak sebagus dengan katun Jepang. Katun twill bertekstur kasar tapi lembut jika kita pegang.

Sampai disini penjelasan tentang kain Twill dan semoga bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang mencari inspirasi fashion anda ^ _^

Leave a response

10 + seventeen =