0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Katun Garis

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, selain makanan, minuman, dan rumah, orang pasti membutuhkan pakaian untuk melindungi tubuhnya dari panas, dingin, atau dari lainnya. Selain itu, pakaian juga memiliki sisi estetikanya sendiri, jadi pakaian dengan berbagai bentuk dan model menambah kesan cantik ketika dipakai.

sumber : https://shopee.co.id/

Model dan bentuk pakaian laki-laki dan perempuan biasanya memang tidak sama. Pakaian perempuan memiliki bentuk yang lebih rumit ketimbang pakaian laki-laki, misalkan gaun perempuan. Tetapi ada juga pakaian yang bisa dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan, seperti kaos dan celana, jenis pakaian seperti ini cocok baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Apabila berbicara mengenai pakaian, pasti kita tidak akan terlepas dari yang namanya bahan pembuatan pakaian. Bahan pembuatan pakaian yang kita gunakan selama ini, umumnya menggunakan bahan kain. Kain sendiri juga banyak sekali jenisnya, salah satu yang cukup populer yaitu kain katun.

Kain katun cukup populer, karena jenis kain yang seperti itu memang nyaman dan adem ketika dipakai, jadi tidak akan membuat gerah. Tapi penulis tidak akan berbicara lebih banyak lagi mengenai kelebihan kain katun, karena penulis akan membahasnya tuntas pada subbab di bawah.

Bukan hanya membahas kelebihan kain katun saja, tetapi penulis juga akan menunjukkan tips memilih kain katun garis yang benar, apa saja kegunaan kain katun garis, jenis-jenis kain katun garis, hingga motif warna kain katun yang cantik. Jadi langsung saja simak paparan penulis dalam pembahasan berikut ini!

Tips Memilih Kain Katun Garis

sumber : https://www.tokopedia.com/

Jenis kain katun juga ada banyak sekali, ada kain katun garis dan jenis kain katun lainnya. Tetapi memilih kain katun garis tidak bisa sembarangan, Anda harus memperhatikan benar kain yang Anda butuhkan dan kualitas kain katun tersebut. Meskipun memilih jenis yang sama, misalkan katun, biasanya kualitasnya juga berbeda.

Biar Anda tidak salah pilih kain katun garis berkualitas dan bagus ketika dipakai, penulis akan menunjukkan tips memilih kain katun yang benar. So, simak paparan penulis mengenai tips memilih kain katun yang bagus berikut ini!

  1. Lihatlah dengan Menerawang Kain

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melihat kain dengan cara menerawangnya. Ini salah satu cara yang biasanya digunakan untuk melihat kasar atau halusnya benang pada kain. Jika dilihat tanpa diterawang halus kasarnya benang tidak akan terlihat, beda jika melihatnya dengan cara diterawang, benang pasti akan terlihat.

  1. Pilih Kain yang Tidak Terlalu Mengkilap

Biasanya kain yang tampak mengkilap memiliki banyak kandungan polyester. Kandungan zat inilah yang membuat pakaian terasa panas ketika dikenakan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih kain yang tenunannya lebih rapat. Kain yang tenunannya rapat, cenderung memiliki kualitas yang lebih bagus.

  1. Perhatikan Kelenturan Kain

Cara melihat kelenturan bahan yaitu dengan meremas kain tersebut, jika kain mudah kusut ketika diremas, kemungkinan besar kain tersebut menggunakan serat campuran.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips selanjutnya yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat pakaian seperti apa, Anda pasti membutuhkan sudah merencanakan motif hingga warna yang cocok untuk pakaian Anda tersebut. Jadi sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.

Biasa Digunakan untuk Apa Kain Katun Garis Itu?

sumber : https://shopee.co.id/

Model pakaian sekarang sudah sangat beragam, mulai dari gaun, kaos, celana, rok, kemeja, dan lainnya hadir dengan bentuk dan model yang sangat beragam. Kalau kebetulan Anda ingin membuat baju dan bingung model baju yang bagus, Anda bisa melihat model-model baju tersebut melalui majalah fashion, koran, atau dari internet.

Perkembangan internet yang sangat pesat memudahkan Anda untuk mencari berbagai informasi mengenai model pakaian yang bagus dan sedang hits. Model-model pakaian dari brand ternama juga bisa dilihat di internet, jadi bisa Anda contoh model mana yang ingin Anda contoh.

Kain untuk membuat pakaian yang bagus dan cukup populer yaitu kain katun. Kain ini bisa digunakan untuk membuat berbagai model pakaian, terutama kain katun garis yang memiliki corak. Nah, sebenarnya model pakaian apa saja sih yang bisa dibuat dengan bahan katun garis. Simak paparan di bawah ini!

  1. Digunakan untuk Membuat Kaos

Katun garis bisa Anda gunakan untuk membuat kaos. Biasanya kaos yang dibuat dengan bahan katun garis kualitasnya lebih bagus, karena lebih tebal, adem, bahannya jatuh, dan nyaman dipakai. Katun garis juga cukup kuat, sehingga akan membuat pakaian kuat dan tidak cepat rusak.

  1. Untuk Membuat Gamis

Jika Anda suka pakaian model gamis, katun garis juga bisa Anda gunakan untuk membuat pakaian model gamis. Katun garis merupakan tipe kain yang jatuh dan adem ketika dipakai, jadi meskipun bahan pakaian yang akan dibuat berbentuk gamis sekalipun, tidak akan membuat gerah ketika dipakai.

  1. Untuk Membuat Bawahan (rok/celana)

Bahan katun garis juga cocok sekali digunakan untuk membuat bawahan, baik rok atau celana. Bahannya jatuh dan adem, selain itu juga memiliki serat kain yang cukup kuat, sehingga cocok sekali digunakan untuk membuat rok/celana.

  1. Membuat Baju Atasan

Bukan kaos saja, tetapi katun garis juga bisa digunakan untuk membuat atasan lainnya, seperti kemeja atau baju kurung biasa. Bahan katun garis sangat nyaman dipakai untuk atasan.

Jenis-Jenis Kain Katun Garis

Seperti yang sudah penulis katakan di atas, kain memiliki banyak sekali jenis, termasuk kain katun sendiri. Jenis-jenis kain katun tersebut memiliki kegunaannya masing-masing, misal cocok untuk membuat kemeja, kaos, bawahan, gamis, atau yang lainnya. Nah, mungkin belum banyak yang tahu jenis kain katun, berikut akan penulis tunjukkan jenis katun yang perlu diketahui!

  1. Katun Jepang

Banyak yang mengatakan katun jepang memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang katun biasa, apabila disentuh juga terasa lebih halus. Selain itu, yang membedakan katun jepang dengan jenis katun lainnya yaitu tampilan motif dan coraknya yang cerah dan penuh warna. Untuk harganya sendiri, relatif lebih mahal ketimbang katun biasa.

  1. Katun Bangkok

Katun ini biasanya lebih tipis ketimbang jenis katun lainnya, bahkan terkadang juga terlihat transparan. Jenis katun bangkok biasanya digunakan untuk membuat blouse atau kemeja.

  1. Katun Silk Sutera

Katun jenis ini terbuat dari bahan campuran antara katun dengan sutera. Anda pasti sudah tau kan, kalau kain sutera terbuat dari kepompong ulat sutera, kain ini biasanya memiliki tekstur yang sangat lembut. Jadi katun jenis silk sutera pasti juga memiliki tekstur yang lembut. Selain lembut, katun jenis ini juga biasanya lebih licin ketika disentuh.

  1. Katun Paris

Katun jenis ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu katun paris motif dan polos. Untuk yang motif biasanya memiliki tekstur mirip dengan katun jepang, tetapi lebih tipis. Sedangkan katun paris polos memiliki tekstur yang mirip dengan katun biasa, tetapi biasanya juga sedikit lebih tipis. Harga katun paris relatif lebih murah ketimbang katun biasa.

  1. Katun Biasa

Ciri-ciri katun biasa yaitu kainnya tipis, sedikit kaku, dan memiliki daya serap yang cukup bagus. Kain jenis ini memiliki corak dan motif yang beragam, mulai dari yang polos, abstrak, garis-garis, hingga bunga-bunga. Harga katun biasa relatif lebih murah, sehingga banyak yang suka menggunakan bahan ini untuk membuat pakaian.

Keunggulan Bahan Kain Katun Garis

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa kain katun menjadi salah satu jenis kain favorit untuk pembuatan pakaian. Kain ini tentu saja memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki jenis kain lainnya. Biar Anda tidak penasaran, penulis akan menunjukkan keunggulan apa saja yang dimiliki kain katun garis. Simak paparan lengkapnya di bawah ini…

  1. Menyerap Keringat

Bahan kain katun dapat menyerap keringat dengan cukup bagus. Pakaian yang terbuat dari kain dengan daya serap bagus, biasanya sangat nyaman dipakai, karena tidak akan membuat pengguna merasa kepanasan. Bahkan bahannya biasanya cenderung terasa lebih adem.

  1. Tidak Mudah Kusut

Kain dengan kandungan serat yang padat apabila diremas kemungkinan tidak akan mudah kusut. Begitu juga dengan kain katun, hal itu membuktikan bahwa kain katun merupakan salah satu kain yang memiliki serat yang padat. Kain dengan serat benang yang padat memiliki kualitas lebih bagus ketimbang yang memiliki serat tidak padat.

  1. Lebih Kuat

Katun garis merupakan jenis kain yang cukup kuat, sehingga pakaian yang terbuat dari bahan katun garis cenderung lebih awet dan tidak mudah rusak. Jadi sangat cocok digunakan untuk baju-baju yang dipakai sehari-hari, baju seragam, dan lainnya, karena memang sangat awet.

  1. Bahannya Lembut dan Nyaman

Kenyamanan pakaian menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Pasalnya semua aktivitas akan berjalan dengan baik ketika seseorang merasa nyaman. Sesekali Anda mungkin pernah memakai pakaian yang tidak nyaman, dan rasanya pasti sangat risih dan mengganggu kan?

Nah, Anda pasti tidak akan mau lagi menggunakan pakaian yang membuat tidak nyaman. Bahan yang kasar, terkadang membuat orang merasa tidak nyaman ketika memakainya. Nah, salah satu keunggulan kain katun yaitu bahannya lembut, sehingga akan sangat nyaman ketika dipakai.

  1. Harganya Lebih Murah

Kain katun memiliki berbagai jenis, jadi harga jenis kain katun satu dengan lainnya tentu saja berbeda. Namun, perbedaan harganya kemungkinan juga tidak begitu besar. Meskipun begitu jika dilihat dari kualitas kainnya, harga kain katun secara keseluruhan lebih murah ketimbang harga jenis kain lainnya.

Motif Warna Kain Katun Garis yang Cantik

Kain katun merupakan jenis kain yang berbahan dasar kapas, itulah kenapa jenis kain ini memiliki daya serap keringat cukup bagus, sehingga ketika digunakan untuk membuat pakaian tidak akan membuat gerah pemakai. Kain katun tidak hanya tersedia dalam bentuk polos saja, tetapi juga ada beberapa kain katun yang memiliki motif.

Jadi kalau Anda ingin membuat jenis pakaian menggunakan kain katun, banyak sekali motif warna yang bisa dijadikan pilihan. Anda bisa juga memilih yang polos, abstrak, bunga-bunga, hingga yang garis-garis. Pembahasan motif kain katun lebih lanjut, bisa Anda simak dalam pembahasan di bawah ini!

  1. Motif Kain Katun Jepang

Jenis kain katun yang ini biasanya ditandai dengan adanya kode warna pada kain. Ketimbang kain katun biasa, biasanya katun jepang sedikit lebih tebal dan lebih lembut, sehingga harganya juga relatif lebih mahal.

  1. Motif Kain Katun Paris

Kain katun paris ada dua jenis, yaitu katun paris motif dan katun paris polos. Katun motif cenderung terlihat lebih mirip dengan kain katun jepang, yaitu memiliki daya serap bagus, ada kode warna, lebih halus, dan harganya juga relatif lebih mahal. Namun, katun paris motif sedikit lebih tipis.

Sedangkan katun polos lebih terlihat mirip dengan katun biasa, tidak memiliki kode warna, daya serapnya cukup bagus, dan harganya relatif lebih murah, tetapi katun paris polos cenderung lebih tipis ketimbang katun biasa.

  1. Motif Katun Minyak

Sama seperti kain katun polos, kain katun minyak juga memiliki daya serap yang cukup bagus, tidak memiliki kode warna, dan harganya relatif sama dengan katun biasa. Yang membedakan katun minyak dengan katun biasa yaitu katun minyak biasanya terlihat lebih mengkilap. Kilapan tersebut biasanya akan berkurang setelah beberapa kali dicuci.

  1. Motif Katun Biasa

Katun biasa memiliki motif yang sangat banyak, mulai dari polos, abstrak, bunga-bunga, hingga motif garis. Anda bisa memilih sendiri mana yang sekiranya Anda butuhkan untuk bahan pembuatan pakaian.

Kain Katun Garis Berkualitas Premium

Kualitas menjadi salah satu pertimbangan penting ketika membeli kain. Lihatlah kualitas kain tersebut sebelum membeli, jangan langsung percaya dengan yang dikatakan penjual, karena kain katun sendiri juga terdiri dari beberapa jenis, ada yang halus dan ada juga yang kasar.

Jadi usahakan untuk selalu mengecek kain terlebih dahulu sebelum membelinya, jangan sampai salah pilih kain. Nah, agar Anda tidak salah pilih kain katun berkualitas premium, penulis akan menunjukkan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli kain katun. Apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan, simak langsung dalam pembahasan berikut ini!

  1. Beli di Toko Kain yang Lengkap

Kelengkapan jenis kain tentu saja menjadi hal penting ketika Anda ingin membeli kain. Jika banyak pilihan motif dan warna, Anda pasti akan lebih leluasa untuk memilih kain mana yang cocok dengan keinginan Anda. Kalau mungkin Anda ingin warna kain yang unik, Anda mungkin hanya akan mendapatkannya di toko yang menyediakan stok kain lengkap.

  1. Kenali Ciri-Ciri Kain Katun Berkualitas

Ketika ingin membeli kain, setidaknya Anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri kain yang ingin dibeli. Karena hal itu akan membuat Anda lebih mudah mengenali kain katun berkualitas dan tidak, jadi Anda tidak akan kena tipu. Ciri-ciri kain tersebut bisa Anda tanyakan ke teman atau mencari sendiri lewat internet.

  1. Tanya ke Penjual

Jika Anda kebingungan mencari kain katun berkualitas, Anda juga bisa menanyakan kepada penjualnya langsung. Mereka mungkin akan sedikit membantu memberikan beberapa informasi yang Anda butuhkan.

  1. Jika Ingin Murah Beli ke Langsung Distributor

Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika membeli langsung dari distributornya ketimbang Anda membeli di toko-toko. Jika Anda tahu distributor kain tersebut pasti akan lebih enak, tetapi biasanya tidak banyak orang yang tahu di mana lokasi distributor kain yang menyediakan harga murah.

Demikian pembahasan yang bisa penulis berikan terkait katun garis Penulis sudah membahas mulai dari tips memilih katun garis yang benar, keunggulan katun garis, hingga hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan katun garis berkualitas premium. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a response

two + six =