0 items in your shopping cart

No products in the cart.

3 Kategori Kain Denim

Kategori kain denim merupakan pengelompokan jenis atau varian kain denim supaya lebih mudah membedakan jenis satu dengan jenis lainnya. Kategori kain denim juga mempermudah memilih bahan sesuai dengan kebutuhan dalam pemanfaatannya. Pemanfaatan kain denim sebagai pakaian pada umumnya digunkan sebagai bahan pembuatan baju, celana dan jaket. Nah kategori kain denim ini dilakukan untuk memilah ketebalan kain karena ketebalan kain denim yang digunakan untuk jaket, celan dan baju berbeda-beda.

Ketebalan kain denim diukur dengan ukuran Oz. Pada ukuran Oz kita bisa mengetahui karakteristik jenis kain denim tersebut, misalnya angka sebelum Oz semakin kecil maka kain denim memiliki karakteristik semakin lemas. Dan sebaliknya, jika angka di depan Oz semakin besar maka kain denim memiliki karakteristik semakin kaku. Ukuran Oz sebenarnya untuk ukuran berat, jadi kain denim dengan bobot yang ringan maka harganya semakin murah dan sebaliknya. Kategori kain denim juga bisa untuk mengetahui pengaruh fading saat dibuat sebagai pakaian.

3 Kategori Kain Denim Dan Jenisnya

Kategori Kain Denim Leightweight (Kain Denim Ringan)

Kategori Kain Denim

sumber : https://fitinline.com/

Kategori kain denim ini memiliki ukuran di bawah 12 Oz. Sehingga semua jenis kain denim di bawah 12 Oz masuk kategori kain denim Leightweight (Kain Denim Ringan). Kategori kain denim ini biasanya sering digunakan sebagai bahan pembuatan baju karena kainnya lebih tipis daripada kain denim pada umumnya. Apa saja jenis kain denim yang masuk katogori kain denim Leightweight ? Selengkapnya bisa di baca jenis kain denin ringan di bawah ini.

Kain Denim 6 Oz

Jenis kain denim 6 Oz sudah pasti masuk dalam kategori kain denim Leightweight karena ukurannya di bawah 12 Oz. Jenis kain ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja karena memiliki kain yang tipis sehingga nyaman saat digunakan. Namun jenis kain denim ini hanya memiliki satu warna saja yaitu warna biru, dan kain ini juga termasuk jenis kain pre wash denim. Karena proses pembuatannya sudah melalui pencucian maka kain ini memiliki sifat lemas yang sangat cocok dibuat untuk baju.

Kain Denim Kode 1506

Katagori kain denim satu ini juga masuk dalam katagori denim Leightweight (Kain Denim Ringan) karena memiliki ukuran 8.5 Oz. Kain denim ini juga memiliki sifat lemas karena pada proses pembuatannya sudah melalui proses pencucian. Warna yang dimiliki oleh kain denim kode 1506 adalah deep indigo.

Kain Denim Kode 5220

Kain denim jenis ini memiliki ukuran 8 Oz. Meskipun ukurannya di bawah 12 Oz, kain denim ini pada proses pembuatannya tidak mengalami proses pencucian. Kain yang tidak mengalami proses pencucian biasanya memiliki sifat kaku, tetapi seiring dengan penggunaan dan mengalami proses pencucian berulangkali maka kain bisa menjadi lemas. Kain denim jenis dry denim ini memiliki warna indigo.

Kain Denim Kode Lyon

sumber : https://fitinline.com/

Kategori kain denim ini masuk dalam kategori jenis pre wash denim garde B dengan ketebalan 11.5 Oz. Jenis kain denim ini memiliki sifat tambahan yaitu lebih lentur. Kemudian kain denim kode lyon tersedia dalam warna deep indigo. Jenis kain denim ukuran di bawah 12 Oz sangat cocok dijadikan bahan untuk atasan.

Kain Denim Kode Toba F

Kain denim kode toba F hampir mirip dengan kain denim kode Lyon. Perbedaan yang tidak terlalu jauh, kain kode toba F memiliki ukuran 11.75 Oz. Dan untuk sifat kainnya juga lentur dan memiliki warna deep indigo. Selain itu kain ini juga jenis pre wash denim sehingga memiliki sifat lemas pada kainnya.

Kain Denim Kode 688

Jenis kain denim ini memiliki ukuran ketebalan 10 Oz. Jenis kain denim ini masuk kain grade A dalam jenis dry denim. Warna yang tersedia jenis ini adalah hitam dengan sifat kain yang lentur.

Kategori Kain Denim Midweight

sumber : https://www.tokopedia.com/

Kategori kain denim ini memiliki ukuran antara 12 Oz hingga 16 Oz. Sehingga jenis ini juga sering digunakan sebagai bahan jaket dan celana. Apa saja kategori kain denim Midweight ? Selengkapnya bisa di cek ulasan di bawah ini.

Kain Denim Cobra

Kategori kain denim ini memiliki ukuran 14 Oz dengan proses pembuatan kain tidak melalui proses wash sehingga sifat kain cenderung kaku. Selain itu kain denim ini memiliki ketebalan sedang dengan warna yang disediakan adalah warna black indigo. Jenis kain denim ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan celana.

Kain Denim Kode 1764

Ketebalan jenis kain denim ini ukuranya 12.25 Oz sehingga masih tergolong tipis. Selain itu jenis denim satu ini masuk dalam jenis pre wash denim sehingga memiliki sifat kain yang lemas. Jenis kain ini masih cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian atasan.

Kain Denim Kode S.278

Kategori kain denim ini memiliki ukuran ketebalan 13 Oz. Selain itu jenis kain ini merupakan kain non wash yang tidak mengalami pencucian dalam proses pembuatannya. Warna yang disediakan jenis denim ini adalah warna hitam.

Kain Denim Kode Hades

Jenis kain denim ini sama dengan jenis denim kode S.278 yang memiliki ukuran ketebalan kain 13 Oz. Namun kedua jenis tersebut memiliki perbedaan warnanya, jika denim kode hades memiliki warna deep indigo sedangkan kode S.278 warnanya black. Perbedaan berikutnya adalah jenis kode hades merupakan jenis pre wash denim dan kode S.278 merupakan kain denim dry denim.

Kain Denim Kode DIIK

Jenis kain denim ini memiliki ukuran tebal 12.5 Oz dengan warna kain indigo dan memiliki sifat tidak lentur. Kemudian proses pembuatan kain denim ini tidak melalui proses pencucian.

Kain Denim Kode Pax

Kategori kain denim ini memiliki ukuran ketebalan 13 Oz dan masuk kategori grade B pada jenis kain pre wash denim. Warna yang disediakan adalah warna hitam dengan tambahan sifat kain yang lentur.

Kain Denim Kode 2263

Jenis kain ini sama dengan kain denim kode pax karena memiliki ukuran ketebalan yang sama yaitu 13 Oz. Namun perbedaannya ada pada warnanya, jika denim kode 2263 adalah blue black, maka warna denim kode pax adalah hitam. Persamaan lainnya adalah sama-sama dalam jenis pre wash denim dengan sifat yang lentur.

Kain Denim Kode Tayfun Z31273CN

Jenis denim ini memiliki ukuran 12.5 Oz. Denim Kode Tayfun Z31273CN ini masuk dalam kategori grade A jenis pre wash denim. Warna yang tersedia adalah blue black dengan memiliki sifat kain yang lentur.

Kategori Kain Denim Heavyweight (Denim Berat)

sumber : https://olympics30.com/

Kategori kain denim ini memiliki ukuran ketebalan di atas 16 Oz. Kategori kain denim ini merupakan jenis kain dengan kain yang tebal. Sehingga jenis ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan celan dan jaket. Ketebalan kain menjadi faktor bahan kuat dan menjadi awet. Namun harganyapun juga lebih mahal daripada kategori kain denim di bawahnya. Jadi kain denim berat ini pastinya memiliki daya tahan yang terbaik dibanding kategori denim lainnya.

Leave a response

eighteen − three =