0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Torino

Kain Torino? Sudahkah Andan tahu tentang salah satu jenis kain ini. Kain Torini merupakan salah satu jenis kain yang paling sering dan banyak digunakan untuk membuat gamis atau pakaian para muslimah. Dalam kehidupan sehari-hari, kain Torino umumnya lebih dikenal sebagai kain yoris.

sumber : https://rumahbelanjamuslim.blogspot.com/

Di masa sekarang, khususnya Indonesia misalnya, kebutuhan akan gamis syar’i atau pakaian muslim para perempuan muslimah semakin meningkat kebutuhannya. Kebutuhan ini pun meningkat bersamaan dengan minat masyarakat terhadap pemakaian hijab.

Di Indonesia sendiri, tidak dipungkiri akibat dari percepatan informasi yang bergulir, memakai hijab menjadi cukup trend bagi perempuan-perempuan muslimah. Baik para muda-mudinya maupun para orang dewasanya. Bahkan, nampak jelas terlihat banyak orang yang mengenakan hijab di Indonesia.

Adapun selain karena menjadi trend kekinian, juga mayoritas penduduk negara Indonesia adalah Muslin. Jadi, tidak salah jika minat para muslimah akan pemakaian hijab semakin meningkat yang berimbas pada kebutuhan gamis atau pakaian muslim semakin tinggi. Dan ketika dalam memilih dan memakai baju muslim pun tidak boleh sembarangan.

Sehingga itulah mengapa, baju muslim para muslimah, gamis utamanya harus terbuat dari bahan-bahan premium berkualitas agar nyaman saat dikenakan. Karena model baju muslim yang tertutup tentunya akan cepat membuat tubuh sang pemakai cepat gerah atau keringat. Maka dari itu dipilihlah kain Torino yang diyakini lebih membuat nyaman saat dipakai.

Karakteristik Kain Torino

Kain Torino lebih banyak dipilih dan dipakai oleh para produsen pakaian para muslimah dibandingkan dengan kain jenis lainnya karena memiliki ketebalan dan serat yang berbeda. Kendati demikian kain Torino atau Yoris ini masih kualitasnya masih di bawah kain Wofis yang kualitasnya lebih bagus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, kain Torini tetap merupakan jenis kain dengan kualitas, serat dan ketebalan yang cukup baik. Kain Torino pun memiliki beberapa karakteristik yang lumayan dibanding kain jenis lainnya yang sangat cocok untuk dijadikan pakaian muslimah sehari-hari.

Adapun karakteristik yang secara umum diketahui Anda tentang kain Torino, adalah sebagai berikut ini:

  1. Dingin (adem)

Karakteristik yang pertama dari kain jenis Torino atau Yoris ini yang mudah dikenali adalah kain ini lebih dingin dibanding jenis kain lainnya. Jadi tidak salah jika kain Torino ini banyak digunakan sebagai bahan premium pembuat pakaian muslimah, apalagi gamis sebagai model pakaian.

Saat memakai pakaian muslim, tentu pakaian serba tertutup sedemikian itu akan dua kali lebih cepat membuat Kita gerah. Nah, maka dari itu bahan yang digunakan saat proses produksi adalah kain yang lebih dingin. Sehingga saat dipakai tidak akan membuat pemakainya gerah.

  1. Tekstur lembut

Selanjutnya adalah teksturnya yang lembut. Kain Torino ini salah satu kain dengan kelembutan standar bahkan mendekati premium untuk kelembutan teksturnya. Kain Torino atau Yoris ini juga memiliki karakteristik seperti kain jatuh, namun tetap tidak membuat lekuk tubuh tercetak jelas ketika dipakai. Berbeda dengan kain jatuh itu sendiri yang jarang dipakai sebagai bahan pakaian muslim karena ketika dipakai dapat mencetak lekuk tubuh pemakai nya.

Kain Torino ini sangat lembut, sehingga akan membuat nyaman pemakai saat dipakai. Karena pakaian sehari-hari, khususnya muslimah harus membuat nyaman para pemakainya.

  1. Serat kain yang lebih terasa

Berikutnya adalah kerapatan serat yang dimiliki kain Torino yang lebih terasa. Makanya, kain Torino akan bertekstur lembut sekaligus akan terasa lebih dingin saat dipakai tubuh. Kain Torini ini, sekalipun lebih tebal dibandingkan dengan kain Wolfis, kualitasnya hampir menyamai jenis kain Wolfis.

Kain Torino ini juga memiliki serat serta kain yang timbul. Jadi ketika Anda menyentuhnya akan terasa sekali tekstur kain pada tangan Kita.

  1. Tidak kaku

Karena karakteristik kain Torino yang lebih tebal dibandingkan kain lainnya, apalagi dengan walfis namun kain itu tidak kaku. Bahkan kain jenis ini sangat lembut dan mudah dibentuk saat proses produksi pakaian muslimah.

Tentu karakteristik kain ini lebih nampak terlihat pada kaku tidaknya, karena ketebalan kainnya yang membedakannya dengan jenis kain lain yang lebih tipis. Bahkan kain Wolfis sendiri memiliki ketebalan lebih tipis dibandingkan kain Torino ini.

  1. Warna

Secara umum, warna yang dimiliki kain jenis ini bermacam-macam. Hal ini jadi memudahkan Anda ketika akan memilih beragam warna kesukaan. Adapun warna-warna yang mendominasi varian macam kain Torino ini adalah warna pastelnya. Warna yang dimiliki oleh kain Torino ini pun sangat khas apalagi karena dipengaruhi oleh kerapatan serat kain yang membuat warna tetap cerah dan cantik.

Keunggulan Kain Torino yang Perlu Diketahui

sumber : https://www.bukalapak.com/

Adapun setelah pembahasan karakteristik kain Torino atau Yoris ini adalah keunggulan-keunggulan yang didapat dari memilih kain jenis ini. Sebagaimana telah disinggung pada ulasan pembukaan tadi, kain jenis ini yaitu Torino atau Yoris merupakan jenis bahan premium yang banyak dicari, dipilih dan dipakai untuk membuat pakaian muslim bagi perempuan karena keunggulannya yang berserat baik sehingga dingin dan lembut saat dikenakan.

Kendati memiliki ketebalan yang lumayan dibandingkan kain jenis lainnya, termasuk kain Wolfis namun kain Torino ini memiliki kualitas serat yang cukup baik sehingga ketika dipakai tetap dingin juga menjadikannya bertekstur lembut. Nah, selain itu berikut ini keunggulan-keunggulan lainnya dari kain jeni Torino ini. Yuk langsung simak ulasan nya berikut:

  1. Nyaman saat dipakai

Keunggulan pertama tentu adalah nyaman saat dikenakan. Pakaian-pakaian muslim yang diproduksi dari bahan atau kain ini adalah nyaman saat dikenakan. Pakaian muslim utamanya dengan model gamis biasanya identik dengan gerah dan panas sehingga kurang nyaman dipakai, namun pakaian-pakaian muslim dari kain Torino ini sangat nyaman saat dipakai.

Karena karakteristik kain jenis ini memang dikenal dengan teksturnya yang lembut dengan serat dengan kerapatan yang sangat terasa. Kendati kain Torino juga memiliki ketebalan yang lebih dibanding kain jenis lainnya, namun pakaian-pakaian dengan bahan kain jenis ini sangat nyaman.

  1. Dingin saat dikenakan

Pakaian muslim terkadang umumnya saat dipakai akan cukup membuat gerah dan panas. Nah, maka dari itu banyak konsumen maupun produsen ingin menyediakan produk pakaian yang membuat nyaman saat dikenakan. Nyaman salah satunya berasal dari rasa dingin yang didapat saat dikenakan.

Nah, pakaian muslim dari kain jenis ini cukup dingin meskipun tebal. Jadi sangat cocok menjadi pilihan bahan untuk produk-produk baju muslim seperti gamis bagi para muslimah. Kainnya yang tebal pula menjadikan Kita para muslimah tak perlu khawatir untuk memakainya karena tidak akan memperlihatkan lekuk tubuh si pemakai.

  1. Warna yang tidak kusam dan tidak mudah luntur

Sedang keunggulan lainnya terdapat pada di warna kain jenis ini. Kain Torino yang memiliki kerapatan serat kain yang cukup tinggi mengakibatkan warna-wara pada kain ini tidak mudah kusam apalagi luntur. Varian warna yang dimiliki pun lebih banyak macamnya, jadi Anda pun bisa memilih sesuai keinginan dan selera Anda.

  1. Kain Torino tidak mudah kusut dan tidak mudah kucel

Kemudian yang menjadikan kain Torino ini cukup trend di kalangan masyarakat sehingga dipilih dan banyak dipakai adalah kain jenis ini yang tidak mudah kusut dan tidak mudah kucel. Hal ini lah yang banyak dijadikan pertimbangan oleh tiap orang untuk lebih memilih kain jenis ini.

Ketika setelah dicuci, sekalipun belum disetrika pakaian-pakaian dari bahan kain ini akan tetap rapi. Tentu sangat memudahkan dan efisien sekali bagi Anda yang terburu-buru untuk segera mengenakannya. Namun, jika Anda yang menyukai kerapian yang lebih, menyetrika nya pun akan menjadi lebih baik lagi.

  1. Harga Terjangkau

Keunggulan utama yang mungkin paling banyak dicari oleh kebanyakan orang adalah pasti soal harganya. Untuk kain Torino sendiri, Anda pun tak perlu khawatir soal harganya karena kain jenis ini cukuplah terjangkau.

Tentu terjangkau di sini adalah sepadan dengan kualitas dan berbagai keunggulan kain ini yang didapat. Belum lagi jika sudah berbentuk pakaian-pakaian, kisaran harga yang dimiliki pun tetap bisa dikatakan murah.  Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi soal harga.

Kain Torino Sangat Cocok untuk Bahan Gamis

Pakaian muslim kini bukan hanya karena menjadi trend semata. Pakaian muslim saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan sendiri, terutama bagi mereka para perempuan-perempuan Muslim. Menjadi kebutuhan terutama untuk dipakai dalam keseharian Kita.

Sebenarnya pakaian muslim pun tidak hanya menjadi kebutuhan bagi perempuan saja, namun menjadi kebutuhan bagi kaum laki-laki juga. Oleh karena menjadi kebutuhan dan dipakai untuk sehari-hari, maka saat memilih dan menentukan pakaian jenis dan model bagaimana yang cocok dengan Kita pun jadi tidak boleh asal dan sembarangan.

Sangat perlu ketelitian dan kecermatan saat akan memilih pakaian, khususnya pakaian muslim. Mengapa demikian? Karena hal ini erat kaitannya dengan kenyamanan saat dipakai atau dikenakan. Jangan sampai saat Kita memilih pakaian dan mengenakannya ternyata membuat kita tidak nyaman.

Apalagi bagi Kita yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis yang cukup panas akan tambah membuat Kita gerah. Nah salah satu model pakaian muslim yang cukup dikenal adalah gamis. Gamis atau jubah merupakan sejenis baju kurung yang aslinya merupakan dari kawasan Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri, gamis banyak dipakai oleh kaum perempuan karena modelnya yang dianggap dominan feminin. Gamis yang merupakan salah satu baju kurung dan tertutup sehingga identik dengan yang namanya gerah. Nah makanya mengapa sangat penting memilih bahan yang cocok dan tepat untuk gamis.

Salah satu bahan pilihan terbaik untuk produksi, adalah kain Torino. Kain Torino dianggap layak, cocok dan tepat untuk pembuatan gamis karena karakteristik serta keunggulan yang ada. Begitupun ketebalan yang menjadi ciri khas kain ini sehingga sangat cocok untuk diproduksi sebagai pakaian Muslim seperti gamis.

Apakah Kain Torino dengan Wolfis Sama?

sumber : https://aminama.com/

Beberapa ulasan sebelumnya, juga sedikit disinggung soal kain Wolfis. Kain Torino maupun kain Wolfis memang banyak dipakai oleh orang-orang sebagai bahan yang paling banyak dicari dan dipilih untuk membuat gamis atau pakaian-pakaian Muslim jenis lainnya.

Lalu kemudian pertanyaannya, apakah kain Torino dan Wolfis ini sama? Tidak, kedua nya berbeda. Kedua kain ini, baik kain Torino maupun kain jenis Wolfis memiliki karakteristik masing-masing. Keduanya mungkin memang sama-sama bayak dipakai untuk pembuatan gamis, namun keduanya tentu tiap masing-masing memiliki ciri khasnya.

Namun, secara umum kain Wolfis lebih banyak dipakai sebagai bahan gamis dibandingkan kain Torino. Sesungguhnya kain Wolfis sendiri biasa disebut sebagai kain Arab, saking identiknya dengan bahan kain pembuat gamis atau pakaian-pakaian muslim lainnya. Sama halnya dengan Torino yang memiliki sebutan lainnya, yaitu Yoris.

Kain Wolfis pun juga memiliki beragam sebutan lainnya, seperti salah satunya Wollpeach. Jika kain Torino lebih tebal tapi tetap lembut dan tidak kaku, pada kain Wolfis lebih tipis. Namun sama halnya dengan kain Toniro memiliki karakter kain ini juga memiliki serat halus dan rapat. Kain Wolfis juga bahan ringan tapi tebal, tidak menerawang, tidak panas, dan nyaman.

Begitu pun sama halnya kain Torino, Wolfis tidak mudah kusut, tidak licin, dan harganya pun cukup terjangkau. Namun sayangnya, kain Wolfis ini tidak tahan panas jadi apabila Anda ingin menyetrika kain wolvis hati-hati ya jangan sampe kepanasan.

Sedang kesamaan untuk karakterisik dari kedua kain ini, Torino maupun Wolfis sekali lagi tergantung dari label maupun grade kain yang tersedia, karena sekarang banyak sekali beredar kain berbagai jenis dari berbagai merk, grade dan harga menyesuaikan dengan kualitasnya.

Harga Kain Torino Per meter

Kain Torino yang sudah menjadi suatu paling trend dan alternatif bahan produksi pakaian utamanya baju muslim seperti gamis, banyak dicari. Beberaap pabrik tekstil pun menyediakan berbagai pembelian dan pilihan dari kain Torino ini. Dalam pemasaran dan distribusi nya, kain Torino ini sudah bisa dan banyak dijumpai di seluruh industrial textile yang tersebar di kawasan Indonesia.

Jika datang ke kawasan industrial textile tidak bisa dilakukan atau malas karena jauh atau berbagai alasan yang menghambatnya. Beberapa pengusaha textile menerima pesanan dan distributor secara online. Pemasarannya biasanya melalui website resmi maupun forum atau lapak pada situs atau aplikasi jual beli secara online.

Jadi Anda pun sangat dimudahkan dalam proses pembelian kebutuhan kain Torino untuk Anda. Adapun harga kain Torino ini beragam varian. Namun untuk permeternya pun hampir seluruh reseller memiliki kisaran yang sama yaitu di harga belasan ribu rupiah. Kisaran antara Rp. 13.000,- sampai dengan Rp. 15.000,- saja.

Bagi Anda yang ingin memiliki harga pembelian dibawah kisaran harga tersebut. Anda bisa membeli secara grosir atau gulungan. Karena tentunya harga grosir dan per meter berbeda, dan pastinya lebih murah. Bahkan tidak jarang harganya lebih rendah. Dengan membeli grosir maupun gulungan secara langsung setidaknya akan membuat Anda menekan biaya pembelian seminim mungkin.

Demikianlah pembahasan dan ulasan-ulasan singkat mengenai kain Torino, baik meliputi apa saja karekteristik, keunggulan memilih kain ini, kecocokan nya sebagai bahan untuk gamis, perbedaan kain Torino dengan Wolfis hingga kisaran harga kain Torino untuk per meternya. Semoga dengan adanya ulasan ini Anda pun dapat mengenal lebih lanjut tentang kain Torino ini.

Kain Torino memang menjadi pilihan alternatif bahan produksi pakaian Muslim termasuk gamis. Selain karena bahannya tebal sehingga menghindari lekukan tubuh para pemakainya terlihat jelas. Pakaian-pakaian dengan bahan Torino pun sangat nyaman untuk dipakai. Sekian dan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Aamin. Goodbye!

Leave a response

fifteen − fifteen =