0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Ceruti Babydoll

Kain ceruti babydoll merupakan salah satu dari jenis kain ceruti. Untuk lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan kain ceruti maka yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengenal kain ceruti secara utuh supaya pengetahuan tersebut bisa tepat dalam pemanfaatannya.

Kain ceruti babydol dalam pemanfaatannya sering digunakan sebagai bahan pembuatan gamis. Jenis kain ceruti babydoll lebih disukai sebagai bahan pembuatan gamis karena memiliki ciri khas kain yang tidak mudah kusut, lentur, lembut, tidak mengkilap sehingga sangat nyaman saat digunakan.

Pengertian Kain Ceruti Babydoll

Kain Ceruti Babydoll

sumber : https://shopee.co.id/

Kain ceruti babydoll merupakan salah satu jenis kain ceruti yang memiliki tekstur unik pada kainnya. Tekstur yang dimilikinya seperti jenis kain crepe dengan permukaan seperti berpasir atau seperti permukaan kulit jeruk. Kain ceruti babydoll juga masuk dalam kategori kain crepe karena tekstur kain yang dimilikinya. Namun lebih menjadi jenis kain ceruti karena kainnya transparan dan tipis sedangkan kategori kain crepe kain lebih tebal dan tidak menerawang.

Kain ceruti babydoll selain sering digunakan sebagai bahan gamis juga sering dimanfaatkan untuk bahan khimar. Selain bahan yang tipis kain ceruti babydoll juga memiliki sifat jatuh dan ringan sehingga disukai untuk dijadikan bahan gamis dan khimar.

Karakteristik Kain Ceruti Babydoll

sumber : https://shopee.co.id/

Diantara semua jenis kain ceruti, kain ceruti babydoll yang memiliki karakteristik unik. Diantara karakteristik unik yang dimilikinya selengkapnya bisa di cek di bawah ini.

Kain Tipis

Kain ceruti babydoll cenderung tipis dan ringan, namun, memiliki sifat jatuh. Karakteristik ini justru banyak yang menyukai karena mampu memberikan kesan anggun. Karakteristik ini hampir sama dengan karakteristik yang dimiliki kain sifon.

Kain Lentur

Kain ceruti babydoll juga bersifat lentur sehingga cocok digunakan sebagai bahan gamis karena akan nyaman saat digunakan.

Tidak Mengkilap

Kain ceruti babydoll yang tidak mengkilap lebih cocok dibuat bahan pakaian casual, namun tetap berkesan anggun. Dan kain yang tidak mengkilap sangat cocok digunakan sebagai bahan gamis. Kain yang transparan ini dalam aplikasinya membutuhkan lapisan kain lainnya supaya nyaman sebagai bahan gamis.

Kualitas Premium

Kain ceruti babydoll termasuk kategori jenis kain dengan kualitas premium karena memiliki tekstur yang lembut dan jatuh.

Tekstur Seperti Kulit Jeruk

Selain bernama ceruti babydoll jenis kain ini juga diberi nama ceruti crepe dan jenis kain ini mirip dengan diamond italiano.

Permukaan Berpasir

Karakteristik ini bisa dibuktikan dengan meraba permukaan kain ini dengan jari tangan dan akan terasa seperti ada pasir-pasir pada permukaan kain ceruti babydoll.

Serat Kain Longgar

Kain ceruti babydoll memiliki serat kain agak longgar. Namun memiliki tingkat elastis hanya satu arah, yaitu horizontal atau sejajar dengan panjang kain.

Kelebihan Kain Ceruti Babydoll

sumber : https://shopee.co.id/

Kain ceruti babydoll yang sangat disukai oleh para hijaber sebagai bahan gamis disebabkan oleh beberapa kelebihan dari jeniskain ceruti ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki dari jenis kain ceruti babydoll.

Bisa Dibordir

Kain ceruti babydoll meskipun kain tipis dapat dibordir sehingga memberikan variasi agar gamis menjadi lebih menawan. Selain itu kain ceruty babydoll juga bisa dengan mudah diberikan aksesoris supaya menambah elegan.

Mudah Dibentuk

Kain yang mudah dibentuk sehingga kalangan hijaber sangat menyukainya untuk dijadikan bahan jilbab dan gamis dengan berbagai model mulai dari anak hingga dewasa.

Memiliki Banyak Warna

Pilihan warna yang banyak lebih disukai oleh banyak kalangan baikitu produsen maupun konsumen. Karena banyaknya pilihan warna akan memberikan pilihan sesuai dengan warna yang diinginkan dan disukai.

Tidak Gampang Kusut

Kain yang tidak gampang kusut akan memudahkan dalam perawatannya. Karena setelah melalui proses pencucian bisa langsung dipakai dan tidak perlu disetrika dahulu. Selain itu penampilan bisa nyaman sepanjang hari.

Bisa Digunakan Multi Layer

Kain yang tipis sehingga dalam penggunaan diperlukan lapisan supaya tidak menerawang. Desain lapisan bisa dilakukan dengan multi layer dengan menambahkan lapisan furing.

Tekstur Unik

Kain ceruti babydoll merupakan jenis kain yang paling sering dijadikan bahan gamis setelah kain katun dan linen, karena kain ini memiliki tekstur unik dan mampu memberikan kesan mewah.

Memiliki Ketahanan Yang Baik

Kain ceruti babydoll memiliki ketahanan cukup baik meskipun sudah dicuci berkali-kali. Meskipun kain tipis jenis kain ini masuk kategori kain premium dengan harga sedikit mahal.

Mudah Dicuci

Serat kain yang longgar dan tidak menyerap air, sehingga kain ini lebih mudah dicuci dan lebih cepat kering. Maka dalam proses pencucian dengan mudah, mengucek, membilas dan memeras kain jenis ini tanpa takut merusak seratnya.

Kekurangan Kain Ceruti Babydoll

Kain Tipis dan Menerawang

Kain yang tipis dan menerawang menjadi kelemahan dari kain ceruti ini. Sehingga dalam penggunaannya harus dilapisi dengan furing supaya pakaian tidak menerawang. Tambahan lapisan juga membutuhkan sedikit tambahan biaya sealain itu pembuatan juga semakin rumit.

Serat Gampang Terburai

Serat kain yang longgar sangat rentan dengan benda tajam seperti paku, jarum, maupun serat kayu. Jika tersangkaut dengan benda-benda tajam itu maka kain akan cepat rusak dan terlihat kurang menarik.

Tidak Tahan Panas

Kain ini tidak tahan panas sehingga ketika menyetrika harus ekstra hati-hati. Jangan sampai suhu setrika terlalu panas karena akan merusak kain.

Mudah Diterpa Angin

Kain yang ringan membuat kain ini sangat mudah diterpa angin, sehingga lebih nyaman digunakan di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Perawatan Kain Ceruti Babydoll

sumber : https://www.cleanipedia.com/

Perawatan dengan cara yang baik dan benar sangat berpengaruh pada keawetan bahan pakaian salah satunya bahan ceruti babydoll. Namun untuk perawatan jenis kain ini cukup mudah. Yang pertama adalah mencuci pakaian bahan ceruti ini dengan cara manualmenggunakan tangan, yaitu mengucek dengan perlahan. Supaya noda yang ada pada bahan ceruti ini mudah hilang maka sebelum menguceceknya sebaiknya direndam dahulu dengan deterjen cair.

Langkah berikutnya adalah cara menjemur pakaian berbahan ceruti dengan cara menjemur pakaian ditempat teduh, yaitu jangan langsung terpapar oleh sinar mataharikarena kain ceruti mudah kering meskipun hanya terkena tiupan angin. Setelah kering sebaiknya kain ceruti tidak disetrika pada suhu yang panas karena bisa membuat kain menjadi mengkerut dan merusak kain.

Kain ceruti jenis ini yang tidak gampang kusut sebaiknya menyimpannya dengan cara menggantungnya di lemari. Jangan sampai menyimpan dengan cara melipatnya karena akan menimbulkan bekas lipatan yang sulit dihilangkan yang mengurangi kualitas penampilan.

Nah, dari uraian tentang kain ceruti babydoll diatas yang dimulai dari pengertian hingga cara perawatannya, maka uraian diatas bisa menjadi informasi pengetahuan dari salah satu jenis kain ceruti yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih dan menentukan bahan yang tepat dalam pembuatan atau membeli pakaian yang mampu memberikan kesan anggun dan kekinian. Jadi jangan ragu lagi dalam memilih bahan ceruti babydoll sebagai bahan pakaian setelah mengenal kain ceruti babydoll.

Leave a response

3 × four =