0 items in your shopping cart

No products in the cart.

15 Jenis Kain Katun Cocok Untuk Pakaian

Jenis kain katun merupakan turunan dari kain katun, dan jenis kain katun terdiri banyak macamnya dengan karakteristik berbeda-beda tiap jenisnya. Perbedaan karakteristik tiap jenisnya juga berpengaruh pada kualitas jenis kain katun tersebut. Kain katun sendiri berasal dari bahan serat kapas. Serat alami ini mampu menghasilkan kain katun dengan berbagai kelebihan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan berbagai macam pakaian.

Pada umumnya kain katun memiliki karakteristik seperti tekstur kain yang lembut dan halus. Kain katun juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga bisa awet. Kemudian kain ini terasa dingin saat digunakan dan tidak menimbulkan alergi bagi yang memiliki kulit sensitif. Kain ini juga memiliki daya serap air tinggi sehingga cocok di suasana tropis. Karakteristik umum tadi juga dimiliki oleh sebagian besar dari jenis kain katun. Apa saja jenis kain katun tersebut ? Selangkapnya mari kita cek di bawah ini.

Jenis Kain Katun Biasa

Jenis Kain Katun

sumber : https://aminama.com/

Jenis kain katun biasa ini berasal dari bahan serat kapas yang berkualitas standar. Sehingga jenis kain ini memiliki harga yang lebih murah daripada jenis kain katun lainnya. Katun biasa memiliki ciri pada gulungan atau pinggir kainnya tidak ada kode warnanya. Jenis katun ini memiliki banyak motif seperti garis, bunga kotak, abstrak, dan polkadot. Karakteristik umum kain katun juga dimiliki jenis katun ini.

Kain Katun Jepang Polos

Jenis kain katun berikutnya adalah katun jepang polos yang populer adalah kain katun jepang tokai senko. Jenis katun ini diproduksi oleh pabrik lokal yang ada di Indonesia, Namun pabrik ini sudah memiliki lisensi dari Jepang. Keunggulan jenis kain ini adalah memiliki kain yang tebal, tekstur kain halus, serat kain yang kuat sehingga tidak mudah terurai. Jenis katun ini warnanya tidak gampang pudar meskipun sudah mengalami pencucian berkali-kali. Maka jenis katun ini tergolong kain premium dengan kualitas kain yang bagus dan cocok digunakan sebagai pakaian.

Kain Katun Ima Royal Platinum

sumber : https://hot.liputan6.com/

Jenis kain katun yang banyak ditemui dipasaran berikutnya adalah kain katun ima royal platinum. Jenis katun ini memiliki ciri khas dengan tekstur kotak-kotak kecil yang tampak pada permukaan kainnya. Jenis kain ini memiliki karakteristik kainnya ringan dan tidak transparan. Sehingga jenis kain ini juga banyak digunakan sebagai bahan gamis karena mampu memberikan kenyamanan dan memberikan kesan modis dengan tekstur kain yang dimilikinya..

Kain Katun Toyobo Original Import

Jenis kain katun ini juga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian.Karena jenis kain ini memiliki karakteristik kain yang tidak kaku, ringan, halus, tidak menerawang, adem, tetapi jenis kain ini sedikit licin. Jenis katun ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gamis syar’i, baju koko, seragam kantor, dan berbagai macam pakaian lainnya. Jenis kain ini masuk kategori kain premiun dan ekseklusif.

Kain Katun Toyobo Fodu Impor Premium

Jenis katun ini memiliki keunggulan benang yang rapat dan kain sedikit tebal. Jenis katun ini adalah salah satu jenis katun impor sehingga harganya lebih mahal. Jenis katun ini memiliki tekstur kain yang sedikit mengkilap sehingga sebagai kelebihan kain yang bisa memberikan kesan mewah dan berkelas.

Kain Katun Madinah

sumber : https://pusathijabterbaru.com/

Jenis kain ini seperti jenis katun supernova yang memiliki serabut halus pada serat kainnya. Namun jenis katun ini kualitas dan harganya masih di atas katun supernova. Katun madinah ini memiliki ciri-ciri kainnya lembut, dingin, kain jatuh, ringan dan kain tidak menerawang. Bahan ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan gamis syar’i dan jilbab.

Kain Katun Linen Euro

Jenis katun ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian kasual karena sangat cocok dengan karakteristik kainnya yang lembut dan adem saat digunakan. Jenis kain ini memiliki ciri pada kainnya, yaitu serat kain yang longgar dan besar, sedikit kaku namun nyaman dikulit saat digunakan.

Kain Katun Supernova

Kain katun supernova memiliki karakteristik kain seperti karakteristik kaian katun pada umumnya. Namun kain ini memiliki serat benang halus yang terburai tampak pada permukaan kainnya. Jenis katun ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan baju koko, gamis syar’i dan juga jilbab karena kualitas bahan lumayan dan harga juga terjangkau.

Kain Katun Ima Polos

Jenis katun ima polos memiliki ciri kain tekstur permukaan mulus tanpa motif. Jenis katun impor ini kulaitasnya diatas katun supernova, karena dari sisi harga lebih mahal. Jenis katun ini juga tidak terdapat serat tipis yang terburai pada permukaan kainnya. Sehingga bahan ini disukai untuk dijadikan bahan gamis syar’i, jilbab, dan baju koko.

Kain Katun Ima Slub

Jenis katun ima slub memiliki ciri pada permukaannya bertekstur benang yang bersilang-silang yang tampak terlihat. Jenis ini juga merupakan katun impor dengan kualitas dan harga di atas kain katun biasa. Jenis katun ini juga sering digunakan sebagai bahan pakaian seperti gamis syar’i, jilbab, dan baju koko

Kain Katun Cina

Jenis katun ini juga populer dengan sebutan katun twill. Jenis katun ini setara dengan jenis katun impor dari jepang. Namun, kain ini memiliki karakteristik kain lebih tipis dan warna kainnya tidak mencolok. Sehingga tampilan bahan katun ini kurang begitu bagus.

Kain Katun Silk Sutera

sumber : https://masnid.com/

Jenis katun silk sutera berasal dari campuran bahan antara sutera dengan katun. Sehingga jenis kain ini memiliki karakteristik kain dari kedua bahan tersebut, yaitu kain yang licin, adem karena berasal dari serat alami, mudah menyerap air, dan kain terasa halus dan lembut sehingga sangat nyaman jika menyentuh kulit. Jenis kain ini memiliki bobot ringan dengan kualitas kain yang bisa bertahan lama.

Kain Katun Paris

Jenis katun paris sangat populer dipasaran. Jenis kain ini banyak kalangan menganggap sama seperti katun biasa. Padahal keduanya berbeda. Katun paris masih memiliki kualitas diatas katun biasa. Katun paris disukai sebagai bahan pembuatan gamis syar’i, blus, dan jilbab.

Kain Katun Bangkok

Jenis kain ini merupakan jenis katun impor, seperti namanya, katun ini berasal dari Bangkok Thailand. Jenis kain ini memiliki ciri khusus yaitu selalu ada motif yang berbau Negara Thailand seperti motif gajah, dan lain-lainnya. Karakteristik katun ini memiliki permukaan kain yang sedikit kasar. Selain itu bahan katun ini juga tipis sehingga kain menerawang. Pada penggunaan bahan katun ini banyak digunakan sebagai bahan blus dan kemeja.

Kain Katun Minyak

Sifat kain yang mengkilap seperti sifat minyak. Maka jenis katun ini disebut kain katun minyak. Jenis katun ini masih langka dipasaran. Katun minyak memiliki karakteristik kain seperti katun sutra. Perbedaan kediuanya, katun minyak memiliki permukaan lebih mengkilap daripada katun sutra. Namun permukaan yang mengkilap tersebut akan semakin menurun disebabkan oleh pencucian. Kain ini juga memiliki daya serap air yang cukup baik, sehingga nyaman juga digunkan sebagai pakaian.

Leave a response

19 − 13 =