0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Jenis Kain Crepe

baju crepe

Salah satu kain populer saat ini sebagai bahan busana dan hijab adalah kain crepe. Kain crepe memiliki ciri khas yang unik pada permukaan kain seperti berpasir dan terlihat kasar. Padahal kain ini sebenarnya memiliki tekstur yang lembut jika disentuh, tidak kaku, dan fleksibel. Ada beberapa jenis kain crepe yang bisa menjadi pilihan untuk bahan busana dan hijab.

Berikut jenis kain crepe diantaranya :

1.Crepe Wool

Crepe Wool

Serat wool dari bulu domba menjadi bahan dasar dari kain crepe satu ini. Menggunakan teknik mudah yaitu teknik tenun polos maka jadilah kain crepe wool ini. Kain yang memiliki sifat hangat sangat cocok digunakan dalam cuaca dingin karena sifat kain cenderung tahan dengan air sehingga tidak mudah basah jika terkena air. Daerah tropis tidak cocok menggunakan kain crepe wool karena kain cenderung panas.

2.Crepe de Chine

Crepe de Chine

Bahan sutra menjadi bahan dari kain crepe de chine. Dress mewah biasanya terbuat dari bahan kain crepe de chine karena memiliki kualitas kain yang mahal. Namun kain ini banyak memiliki kelemahan seperti mudah rusak jika sering terkena sinar matahari, warnanyapun juga gampang pudar jika pencuciannya dan cara menjemurnya tidak sesuai.

3.Crepe Georgette

Crepe Georgette

Jika menggunakan kain ini harus berlapis karena kain crepe georgette memiliki ciri kain transparan, namun kain ini adem jika dipakai, lentur dan fleksibel. Biasanya kain ini digunakan sebagai atasan dan untuk daleman saja.

4.Crepe Marcocain

Crepe Marcocain

Ada beberapa jenis dan kualitas crepe marcocain ini disebabkan terbuat dari beberapa macam bahan, seperti ada yang terbuat dari sutra murni, kemudian juga ada yang terbuat dari campuran sutra dan rayon, juga ada yang campuran sutra dengan wol. Kain crepe marcocain memiliki tekstur yang khas seperti bergelombang dan bergaris-garis. Dress mewah untuk wanita biasanya berbahan kain crepe marcocain, begitu juga stelan jas untuk pria juga sering menggunakan bahan kain crepe marcocain.

5.Crepe Bubble

Crepe Bubble

Kain ringan dan lembut ini memiliki kelemahan sedikit transparan jika terkena cahaya sehingga penggunaan harus rangkap agar tidak tembus pandang. Namun kain ini juga memiliki keunggulannya, seperti kain tidak mudah kusut, kemudian mudah rapi jika disetrika sehingga kain crepe bubble ini memiliki banyak peminatnya terutama anak-anak muda karena mereka cenderung mencari kain dengan perawatan yang mudah. Satu lagi, kain crepe bubble ini tampilannya buram dan tidak mengkilap pada permukaannya.

Leave a response

sixteen − eleven =