0 items in your shopping cart

No products in the cart.

8 Jenis Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Kain cocok untuk jilbab segi empat ada beberapa jenis bahan pilihan yang memiliki kualitas bagus. Memakai jilbab dengan bahan yang berkualitas bagus akan memberikan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari bagi wanita muslim.

Pamor dari jilbab segi empat saat ini kalah dengan model jilbab-jilbab terbaru seperti pashmina, jilbab instan, dan model-lain-lainnya yang lebih menarik. Namun, jilbab segi empat masih memiliki pangsanya sendiri seperti wanita muslim pekerja kantoran, pengajar, pegawai pemerintahan, dan lain sebagainya.

Untuk mempertahankan pengguna jilbab segi empat, produsen harus pintar memilih kain cocok untuk jilbab segi empat agar pengguna merasa nyaman saat memakainya. Kenyamanan bisa diperoleh dari bahan yang adem, warna dan motif kain yang menarik, dan beberapa kelebihan bahan jilbab segi empat yang dimilikinya. Ada banyak jenis kain cocok untuk jilbab segi empat yang bisa menjadi rekomendasi wanita muslim dalam menentukan pilihan.

Sutra Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

sumber : https://womantalk.com/

Kain cocok untuk jilbab segi empat pertama adalah kain sutra. Kualitas kain yang sudah tidak diragukan lagi membuat harga kain ini cukup mahal. Kualitas terbaik kain sutra dapat dilihat kelebihan kain yang dimilikinya. Kelebihan kain sutra diantaranya adalah terbuat dari bahan serat alami sehingga memberikan rasa adem ketika digunakan.

Kelebihan kain sutra berikutnya adalah kain memiliki warna yang berkilau sehingga sangat cocok untuk dipakai pada acara-acara formal seperti pesta pernikahan, pergi ke kantor,dll.

Selanjutnya kain sutra memberikan kenyamanan pada kulit pengguna karena kain lembut. Dari beberapa kelebihan kain ini, maka kain sutra banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jilbab segi empat. Jenis jilbab segi empat sutra sangat cocok untuk digunakan pada daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia.

Katun Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

sumber : https://www.tokopedia.com/

Pada dasarnya kain katun memiliki berbagai macam jenis dengan kelebihan dan kekuranagan kain. Namun. pada umumnya kain katun termasuk kain yang berkualitas baik karena kelebihan kain yang dimilikinya.

Diantara kelebihan kain katun adalah kain mudah menyerap keringat sehingga pengguna tidak gampang gerah. Kain yang cocok digunakan di cuaca panas ini digunakan sebagai bahan dasar berbagai busana salah satunya adalah jilbab segi empat.

Kain cocok untuk jilbab segi empat ini berasal dari serat alami kapas yang memberikan kelembutan pada kulit. Pada penggunaan jilbab segi empat, sebaiknya menggunakan jenis kain katun yang memiliki ketebalan cukup sehingga kain tidak menerawang.

Jenis kain katun tersebut salah satunya adalah kain katun combed. Ada lagi jenis kain katun yang cocok untuk jilbab segi empat, jenis itu diantaranya sebagai berikut.

Polycotton Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Polycotton merupakan kain cocok untu jilbab segi empat. Polycotton merupakan kain katun campuran dari bahan polyester dan katun sehingga menghasilkan kain yang lebih kaku dan licin sehingga harga kain ini lebih murah. Polycotton dewasa ini juga banyak digunakan oleh produsen hijab sebagai bahan jilbab segi empat.

Katun Shimmer Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Katun Shimmer banyak digunakan sebagai bahan jilbab segi empat karena tekstur kain tampak berkilau sehingga jilbab katun shimmer sering dipakai pada acara-acara formal. Sifat bahan ini adalah mudah diatur dan tidak mudah kusut sehingga tidak disetrikapun jilbab bahan katun shimmer bisa langsung dipakai setelah di cuci.

Voal Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Kain yang terbuat dari bahan kapas 90 hingga 100 persen ini menjadi pilihan favorit bagi hijaber. Kain yang adem, mudah menyerap keringat sehingga tidak mudah menimbulkan bau apek, tidak mudah kusut sehingga menambah percaya diri.

Pilihan kain tidak hanya polos saja, sekarang banyak pilihan motif yang diciptakan dari cara diprinting, mulai dari motif yang sederhana hingga motif yang ramai. Kain yang lembut membuat nyaman jika dipakai dan tidak menimbulkan alergi. Sehingga kain voal salah satu kain cocok untuk jilbab segi empat.

Namun, kain ini juga memiliki turunannya yang terbuat dari campuran bahan serat rayon, linen, silk, dan polyester. Jenis turunan kain voal ini juga cocok untuk jilbab segi empat. Apa saja turunan kain voal ini bisa di simak selengkapnya dibawah ini

  • Voal Basic

Jenis kain ini mulai populer pada tahun 2018 dengan karakter kain tidak kaku alias lemas dan kain tidak mudah kusut. Dari beberapa kelebihan kain satu ini membuat produsen jilbab segi empat untuk menggunakan bahan satu ini.

  • Voal Ultrafine

Banyak produsen jilbab yang menggunakan kain voal ultrafine sebagai bahan dasar jilbab, salah satunya jilbab segi empat. Jenis voal ini memiliki kualitas kain yang prima mulai dari harga dan warna-warna kain yang dimilikinya.

  • Voal Superfine

Voal Superfine merupakan jenis voal yang satu level diatas ultrafine, Tentunya voal superfine memiliki kain yang lebih halus daripada voal ultrafine.

  • Voal Ultrasatin

Tidak hanya kombinasi dengan bahan dibawah katun saja. Kali ini kombinasi bahan sutra menghasilkan jenis voal ultrasatin yang merupakan kain premium.

  • Voal Jepang

Voal Jepang merupakan pioneer hadirnya kain voal di Indonesia dengan sifat kain yang sangat lembut dan dingin. Sayangnya, jenis satu ini sudah sangat langka dipasaran.

  • Voal Watersplash

Kelebihan kain ini yang paling khas adalah anti air atau watersplash. Bahan satu ini juga bisa menjadi rekomendasi bahan jilbab segi empat.

  • Voal Two Tone

Jenis voal ini memiliki 2 macam warna pada teksturnya. Voal ini sangat nyaman dipakai, lagi-lagi sayangnya bahan satu ini juga sulit ditemukan dipasaran.

Kain Kaos Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Meskipun kain tebal, kain kaos juga lembut dan nyaman dipakai. Sehingga kain kaos merupakan salah satu kain cocok untuk jilbab segi empat. Kelebihan bahan kaos sebagai jilbab adlah mudah dibentuk dan terasa dingin. Sayangnya, bahan ini gampang melar, sehingga harus tepat dalam perawatannya.

Cornskin Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

sumber : https://www.tokopedia.com/

Dari namanya saja dinisbatkan dari tekstur kulit jagung yang bergaris dan berserat. Jadi kain Cornskin ini juga mirip kulit jagung teksturnya. Meskipun berserat kain ini halus dan lembut. Jilbab segi empat cornskin populer dengan nama Bella Square, karena artis Laudya Cynthia Bella yang mempopulerkan gaya jilbab segi empat cornskin ini.

Diamond Crepe Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

sumber : https://www.tokopedia.com/

Keunggulan kain Diamond Crepe adalah kain melar, memiliki tekstur berpasir, jatuh, ringan. Sehingga diamon crepe menjadi idola bahan dari jilbab segi empat. Bisa memberikan kesan elegan dan modis dengan warna-warna yang berkarakter dari tekstur kain yang dimilikinya. Diamond crepe tidak saja menjadi bahan jilbab segi empat saja, tetapi juga menjadi bahan jilbab khimar, pashmina, dan jilbab dengan model lainnya.

Sifon Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Kain sifon dijadikan bahan dasar berbagai busana muslim, salah satunya adalah jilbab segi empat. Kain sifon merupakan salah satu kain cocok untuk jilbab segi empat. Namun, kain ini memiliki kelemahan yaitu kain yang tipis sehingga menerawang. Dalam pemakaian jilbab segi empat sifon harus didahului dengan pemakaian inner atau ciput supaya tidak menerawang. Para hijaber banyak menyukai kain ini karena kain mudah dibentuk dan berkesan modis.

Double Hycon Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Double hicon memiliki kelebihan seperti enak dipakai, lembut, adem dan jatuh. Sangat pas sekali dipakai dikepala sehingga nyaman. Selain itu jilbab segi empat ini menjadi hit karena artis Laudya Chintya Bella sering memakai jilbab segi empat dari bahan double hycon.

Satin Kain Cocok Untuk Jilbab Segi Empat

Kain satin merupakan turunan dari kain sutra sehingga memiliki ciri khas berkilau dan ringan. Namun sisi bawah kain tidak memiliki sifat mengkilap. Bahan satin juga merupakan kain cocok untuk jilbab segi empat karena pengguna akan terkesan berpenampilan mewah dan elegan. Bahan satu ini bisa digunakan untuk kegiatan formal dan semi formal.

Kelebihan Jilbab Segi Empat

Setiap model jilbab pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya. JIka sebuah model jilbab memiliki kelebihan yang banyak, di jamin pasti model ini akan bertahan lama dipasaran, begitupun sebaliknya. Nah, salah satu model jilbab yang memiliki banyak kelebihan adalah jilbab segi empat. Apa saja kelebihan model jilbab segi empat ? Mari kita bersama simak poin-poin selengkapnya di bawah ini.

Mudah Dibentuk

Jilbab segi empat termasuk salah satu model jilbab yang mudah dibentuk. Gaya hijab yang sedang hit bisa menjadi rekomendasi untuk mengkreasikan jilbab segi empat. Cara berkreasi bisa dilakukan dengan berselancar di internet, disana akan muncul berbagai contoh cara mengkreasikan jilbab segi empat.

Jika kita sudah terbiasa mengkreasikan model jilbab segi empat ini, maka akan memiliki skill untuk mencitakan gaya jilbab yang lebih dinamis dan modis. Selain itu panduan busan muslim yang tepat akan menciptakan penampilan yang luar biasa.

Beragam Pilihan Bahan

Pilihan bahan kain jilbab segi empat sangat beragam dengan karakteristik kain yang berbeda-beda. Pada penggunaan jilbab segi empat dengan mudah menyesuaikan kesukaan dan aktivitas yang akan dijalani. Selain itu mudah juga untuk memadukan dengan busana yang dimiliki. Pilihan kain cocok untuk jilbab segi empat bisa dicek kembali di bagian atas tulisan ini sebagai pertimbangan dalam memilih.

Tampak Lebih Modis

Jilbab segi empat dalam busana hijab merupakan bagian busana untuk menutup aurat di bagian kepala hingga dada. Penampilan dengan penggunaan jilbab segi empat yang benar akan menciptakan penampilan yang lebih modis dan yang lebih penting adalah kesempurnaan menutup aurat dengan baik bisa dilakukan dengan penggunaan jilbab segi empat.

Ukurannya Beragam

Jilbab segi empat memiliki berbagai macam ukuran dipasaran. JIka buat kalian dirasa tidak pas, maka bisa membuat ukuran sendiri sesuai dengan selera masing-masing pengguna selama ukuran tersebut bisa menutup aurat dengan sempurna. Ukuran yang ada dipasaran biasanya 68 x 70 sentimeter, 173 x 52 sentimeter, 115 x 115 sentimeter dan 110 x 115 sentimeter.

Desain Abstrak

Karena jilbab segi empat hanya sebuah lembar berbentuk segi empat dengan ukuran tertentu. Maka desain abstrak ini maksudnya bahwa pengguna bisa berjilbab dengan cara mengkreasikan sesuai dengan yang diinginkan.

Sesuai Syariah

Menutup aurat yang paling penting adalah kaidah sesuai dengan syar’i. Masalah model dan bahan sangat fleksibel. Seperti halnya jilbab segi empat dirancang supaya aurat bagian kepala hingga dada bisa tertutup sempurna. Hal ini yang membuat jilbab satu ini sesuai dengan kaidah syar’i.

Beragam Pilihan Motif dan Warna

Jilbab segi empat memiliki beragam motif, corak dan warna. Aneka ragam motif dan warna tersebut bisa menjadi pilihan wanita muslim dalam penggunaan jilbab segi empat. Motif dan warna dalam penggunaan bisa disesuaikan dengan busana yang sedang digunakan agar tidak bertabrakan dan menciptakan penampilan yang modis dan kekinian.

Kekurangan Jilbab Segi Empat

Setiap model jilbab pasti memiliki kekurangan, dan kekurangan dari model jilbab segi empat diantaranya adalah.

Butuh Peniti atau Jarum Pentul

Tidak seperti jilbab instan yang langsung dengan mudah dikenakan. Jilbab segi empat dalam penggunaan harus ditata dulu kemudian agar jilbab tidak mudah berubah penampilannya maka digunakan peniti atau jarum pentul untuk menguncinya.

Perlu Waktu Lebih Banyak

Karena jilbab ini cocok dipakai untuk acara formal dan semi formal, maka dalam penggunaan membutuhkan waktu lebih banyak karena perlu menata penampilan dan gaya jilbab yang ingin diaplikasikan.

Tidak Cocok Untuk Pemula

Tidak cocok untuk pemula hijaber, karena pemula biasanya tidak ingin terlalu ribet dan ingin serba cepat. Sehingga model jilbab segi empat disukai oleh sedikit hijaber pemula.

Tidak Cocok Untuk Aktivitas Lapangan

Aktivitas lapangan biasanya membutuhkan waktu yang cepat dan banyak pergerakan. Sehingga model jilbab segi empat tidak cocok untuk aktivitas lapangan.

Cara Merawat Jilbab Segi Empat

Merawat jilbab segi empat sebenarnya sama dengan merawat busana lainnya yang kita miliki. Seperti jilbab segi empat juga demikian, cara perawatannya disesuaikan dengan bahan yang digunakan jilbab segi empat tersebut. Namun, beberapa cara dibawah ini merupakan cara pada umumnya merawat jilbab segi empat agar awet.

  • Cuci Dengan Benar

Mencuci jilbab segi empat bisa dilakukan dengan menggunakan deterjen. Namun, jika jilbab berbahan sutra sebaiknya pilih deterjen cair karena daya bersihnya lebih rendah daripada deterjen serbuk. Untuk jilbab berbahan serat buatan biasanya tidak terpengaruh dengan deterjen sehingga bisa dicuci di mesin cuci bersama pakaian kotor lainnya.

  • Jemur Sesuai Aturan

Sama halnya dengan mencuci, menjemur jilbab segi empat juga bergantung pada bahan jilbab tersebut. JIka jilbab berbahan sutra, atau bahan yang warnanya gampang pudar maka cara menjemurnya disesuaikan dengan aturan, yaitu dijemur ditempat teduh supaya warna dan kain tidak mudah rusak. Apalagi jika bahan jilbab segi empat berbahan kain tipis, maka cukup diangin-anginkan saja sudah kering.

  • Gunakan Setrika Otomatis

Dalam menyetrika jilbab segi empat sebaiknya menggunakan setrika otomatis. Setrika ini memilki setelan level panas yang bisa disesuaikan dengan bahan jilbab segi empat tersebut. Ada juga jilbab yang berbahan tidak gampang kusut sebaiknya tidak perlu disetrika agar awet.

  • Hilangkan Bekas Tusukan Jarun Pentul atau Peniti

Cara menghilangkan bekas tusukan jarum pentul atau peniti pada kain jilbab segi empat adalah menyemprotkan air ke bekas tusukan jarum, kemudian setrika bekas tusukan tadi dengan suhu setrika yang rendah. Dan ini bisa dilakukan setiap kali jilbab segi empat terlihat ada bekas tusukan.

Nah, kita tadi sudah membahas tentang berbagai macam jenis kain cocok untuk jilbab segi empat dengan beragam kelebihan dan kelemahan bahan jilbab segi empat.

Bagi kamu yang masih cinta dengan model jilbab segi empat, artikel ini bisa disimpan sebagai inspirasi dalam memilih bahan yang tepat untuk jilbab segi empat dan bisa juga sebagai panduan dalam perawatan jilbab segi empat yang kamu miliki. Jika ada jenis baru kain cocok untuk jilbab segi empat, maka kedepannya kami akan memberikan update yang lebih segar dan lebih baik.

2 Comments

  • ujang hasanudin

    cari bahan hycont yang termurah untuk pembuatan kerudung segi empat dengan ukuran 115 cm x 15 cm dengan budget harga 5500 /pcs

  • isen mulang konveksi

    artikel ini sangat bagus

Leave a response

13 + 15 =