0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Tips Merawat Baju Bahan Linen

Merawat baju bahan linen pada umumnya dan yang terpenting adalah cara merawatnya saat di cuci dan di setrika. Karena dua aktivitas ini banyak mempengaruhi kualitas baju dari bahan linen apakah semakin menurun kualitasnya atau masih tetap bertahan. Cara merawat baju dari bahan linen dengan cara mencuci dan menyetrika dengan benar akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mencuci Baju Bahan Linen

Baju Bahan Linen

sumber : https://www.dekoruma.com/

Baju dari bahan linen hari ini sangat populer sekali. Karakteristik kain linen yang cocok dengan suasana tropis menjadikan bahan linen ini sangat disukai oleh banyak kalangan pecinta dunia fashion. Selain itu baju dari bahan linen sangat ramah lingkungan karena terbuat dari serat alami linen atau rami. Supaya baju dari bahan linen ini bisa awet, maka ada beberapa cara dalam merawatnya.

Baju Bahan Linen Jangan Sering Dicuci

Karena baju dari bahan linen berasal dari serat alami linen, maka potensi serat kain bisa rusak sangat tinggi ketika baju bahan linen ini terlalu sering di cuci. Jadi meskipun sering di cuci harus menghindari beberapa hal, seperti menggunakan deterjen yang tidak bisa merusak serat kain, menggunakan air dingin, dll.

Sebaiknya mencuci baju dari bahan linen dengan menggunakan tangan agar serat kain tidak rusak. Jika di cuci di mesin cuci akan rentan dengan kerusakan serat kain karena akibat putaran mesin berakibat pada rusaknya serat kain. Kemudian, jangan menyikat baju dari bahan linen, tindakan menyikat ini berpotensi besar merusak serat kain. Jika ada noda sebaiknya direndam sebentar sebelum menguceknya.

Hindari Penggunaan Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian keaamannya sangat tinggi sehingga memberikan panas pada pakaian. Hal ini yang menyebabkan serat kain menjadi rusak. Selain rusak, baju dari bahan linen akan mengalami lapuk. Penggunaan pemutih pakaian ini tidak disarankan untuk berbagai jenis bahan serat alami seperti linen, katun, sutra, dll. Akibat pemutih pakain juga membuat warna baju bahan linen menjadi pudar dan baju gampang kotor jika digunakan.

Mencuci Dengan Air Dingin

sumber : https://review.bukalapak.com/

Pada pencucian baju bahan linen, sebaiknya menggunakan air dingin supaya serat alami lenen tidak rusak. Sebelum mencuci juga perlu diperhatikan tips yang tepat dalam mencuci bahan linen tersebut dengan melihat tag yang ada di dalam baju bahan linen yang akan di cuci. Biasanya ada petunjuk yang benar suhu air yang harus digunakan.

Hindari Mengeringkan Di Mesin Cuci

Pengering mesin cuci fungsinya adalah memeras baju bahan linen dengan cara di putar. Dan putaran yang cepat ini bisa membuat baju rawan rusak seratnya bahkan bisa sobek. Selain itu tekstur baju bahan linen akan mendapatkan kerutan yang nantinya sulit dirapikan kembali.

Cara yang tepat dalam mengeringkan baju bahan linen dengan memeras baju tidak terlalu keras dan mengibaskannya sebelum menjemur baju bahan linen ini supaya kadar air berkurang. Penjemuran sebaiknya menggunakan gantungan pakaian, dan sisi dalam baju ditaruh diluar supaya warna tidak mudah pudar jika terkena sinar matahari.

Jangan Melipat Baju Bahan Linen

Setelah baju dari bahan linen benar benar kering, jangan dilipat dalam penimpanan dilemari. Cukup di gantung baju bahan linen ini di dalam lemari. Tindakan melipat baju bahan linen aka membuat kusut dan akan sulit untuk membuatnya rapih kembali seperti semula. Selain itu perhatikan juga kelembapan di dalam lemari.supaya baju bahan linen ini seuaii dengan kelembapan yang disarankan agar baju bisa awet.

Cara Menyetrika Baju Bahan Linen

sumber : https://www.fimela.com/

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam merawat baju dari bahan linen, khususnya dalam hal menyetrika baju bahan linen. Maka, di bawah ini kami akan memberikan cara yang tepat dalam menyetrika baju bahan linen agar baju kamu tetap awet dengan penampilan yang rapi.

Baju bahan linen ini memiliki kelemahan mudah kusut dan dihinggapi jamur jika baju keadaan lembab dan perawatan tidak benar. Oleh karena itu, aktivitas menyetrika ini juga bisa mencegah dihinggapinya jamur pada baju bahan linen. Dan cara menyetrika baju bahan linen dengan benar akan kami jelaskan poin-poinnya di bawah ini.

Gunakan Suhu Setrika Paling Panas

Menggunakan suhu setrika paling tinggi adalah cara pertama dalam aktivitas menyetrika yang harus kamu lakukan. Karena bahan linen tidak mudah dirapikan, sehingga membutuhkan suhu yang tinggi supaya baju dari bahan linen ini bisa menjadi rapi dari kerut-kerutan akibat pencucian. Namun, tetap berhati hati dalam menyetrika pada suhu panas tinggi karena bisa berakibat kain bisa terbakar. Artinya ketika menyetrika pada lokasi yang disetrika harus membutuhkan waktu yang cepat dan dipindahkan ke area lainnya.

Gunakan Papan Setrika Yang Proper

Papan setrika sangat diperlukan dalam aktivitas menyetrika baju. Selain memudahkan dalam menyetrika, papan setrika yang tepat bisa juga menahan panas supaya baju dari

bahan linen yang di setrika tidak sampai menagalai kebakaran. Papan setrika yang disarankan adalah empuk, datar dan ada tempat khusu untuk setrikanya.

Semprot Pewangi Pakaian

sumber : https://idea.grid.id/

Pewangi Pakaian selain mengharumkan baju dari bahan linen juga bisa menahan panas setrika dan bisa memudahkan merapikan kerutan-kerutan pada permukaan baju bahan linen. Sebelum menggunakan pewangi pakaian, pilih pewangi pakaian yang tidak meninggalkan bekas warna pada baju sehingga warna baju tetap bagus.

Setrika Bagian Dalam Baju

Untuk menjaga tekstur kain linen supaya tetap baik, gunakan cara menyetrika baju bahan linen dengan membalik baju. Jadi setrika baju di sisi dalam baju kamu supaya tekstur kain awet dan warna tetap bagus. Atau bisa juga dengan cara melapisi baju supaya permukaan setrika tidak menempel langsung pada permukaan baju.

Setrika Dalam Satu Arah

Menyetrika dengan cara satu arah ternyata sangat penting. Car ini mampu membuat baju bahan linen menjadi rapi dan bagus, Kamu bisa membedakan cara satu arah dengan arah yang tidak beraturan dalam menyetrika. Dipastikan cara arah yang tidak beraturan menghasilkan kerapihan tidak maksimal.

So, beberapa tips diatas semoga bisa membantu kamu dalam merawat baju bahan linen kamu agar awet. Dan tips diatas sebenarnya juga berguna juga untuk semua pakaian atau perabotan yang berbahan linen. Jadi tidak hanya baju linen saja, karena bahan linen ini bisa untuk bahan berbagai macam busana dan perabotan rumah tangga. Di antara penggunaan bahan linen selain baju adalah tirai jendela, taplak meja, serbet, bedding set sepeti selimut, seprey, cover bantal guling, handuk, dan kain lap.

Penggunaan bahan linen lainnya akan kami kupas pada kesempatan lain supaya pembahasan bisa lebih fokus dan detail. Sehingga kamu bisa menyiapkan perlengkapan di rumahmu dari bahan linen. Karena kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan linen dengan baik. Apalagi kamu juga sudah mengetahui perawatan bahan linen ini supaya perlengkapan linen kamu bisa awet bertahan lama. Demikian ulasan singkat kali ini semoga bermanfaat.

Leave a response

3 × 3 =