0 items in your shopping cart

No products in the cart.

5 Jenis Kain Satin

Kain tenun dengan teknik serat filamen akan menghasilkan kain dengan bercirikan mengkilap dan licin pada permukaan kainnya. Namun dibagian bawah kain tidak mengkilap dan tidak licin. Kain yang bercirikan khas semacam ini disebut kain satin.

baju muslim satin

Kain satin banyak yang menyukainya sebagai bahan pakaian, hijab hingga pada perabot rumah tangga seperti korden dan lain sebagainya. Karena kain satin memberikan kesan mewah, formal, dan cantik bagi pemakainya. Selain itu kain satin memiliki tekstur yang lembut sehingga memberikan kenyamanan pada kulit ketika dipakai.

Berikut ini lima jenis kain satin :

1.Satin Bridal atau Satin Duchesse

Satin Duchesse

Bangsawan Perancis dulu sering menggunakan pakainnya dari bahan satin satu ini, karena kata Duchesse merupakan bahasa Perancis yang artinya bangsawan. Namun saat ini bahan satin Duchesse atau Bridal banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gaun pengantin. Kain satin bridal ini memiliki ciri mengkilap, kaku dan agak berat.

2.Satin Faconne atau Satin Jacquard

Satin Faconne

Jika mencari kain yang bermotif dan memberikan kesan mewah dan elegan, kain satin faconne atau satin jacquard adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki ciri khas yang mengkilap kain satu ini juga memiliki motif yang beragam yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Kualitas kain juga beragam sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya, seperti kain lebih lembut, tidak kaku dan tidak begitu berat.

3.Satin Delustered

Satin Delustered

Kain satin yang unik tidak seperti kain satin pada umumnya yang memiliki ciri khas mengkilap pada permukaannya. Namun kain satin delustered tidak begitu mengkilap pada kedua permukaannya dikarenakan bahan kain satin satu ini adalah dari sutra. Tekstur kain satin ini ringan dan lembut.

4.Satin Damask

Satin Damask

Satin damask menjadi kain yang banyak dicari sebagai bahan pakaian karena kain satu ini memiliki keunggulan yaitu memiliki pola rumit dan timbul yang indah dan cantik pada kainnya, seperti floral, daun dan lain lainnya. Pengguna kain satin damask akan tampak lebih glamour dan elegan.

5.Satin Cloth

satin cloth

Gaun dan blouse pada umumnya menggunakan kain satin cloth. Kain satin cloth berasal dari bahan wol Perancis sehingga kain ini memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu satin cloth permukaanya sangat lembut dengan kilapan yang sangat kuat. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas satin cloth sebagai bahan pakain yang bisa memberikan kesan cantik dan elegan ini.

Leave a response

twenty − 9 =