0 items in your shopping cart

No products in the cart.

12 Jenis Kain Satin

Jenis kain satin merupakan varian dari kain satin dengan berbagai macam bahan dasar yang berbeda-beda. Persamaan jenis kain satin adalah pada proses pembuatan kain dengan menggunakan teknik tenun khusus yaitu teknik weave sehingga menghasilkan kain dengan karakteristik permukaan yang mengkilap atau glossy pada salah satu sisi kainnya.

Satin adalah nama teknik dalam proses pembuatan kain menggunakan serat filamen. Sehingga teknik pembuatan ini populer dan menyebut hasil kain dari proses pembuatan ini dengan nama kain satin. Teknik satin diperkenalkan di awal abad 20 di Eropa sebagai kain yang memiliki kemiripan dengan kain sutra. Jika kain sutra memiliki permukaan kain yang berkilau, kain satin juga berkilau pada permukaan kainnya. Sehingga kain satin juga mampu memberikan kesan mewah dan elegan. Ada beberapa jenis kain satin di bawah ini yang bisa menjadi bahan pakaian.

Kain Satin Duchesse atau Satin Bridal

jenis kain satin

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain satin bridal merupakan salah satu dalam kategori jenis satin yang memiliki kualitas bagus. Pada umumnya jenis kain satin ini dijadikan sebagai bahan pembuatan busana gaun pengantin (wedding dress) dan kostum fantasi. Seperti namanya satin bridal yang berarti untuk bahan pembuatan gaun pengantin. Namun, awalnya jenis kain satin ini digunakan oleh para bangsawan (Duchess) Perancis. Jenis satin ini memiliki karakteristik sedikit berat, kaku dan berkilau.

Jenis Kain Satin Velvet

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain satin ini termasuk salah satu jenis satin yang paling populer sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian. Satin velvet yang memiliki kain yang tidak terlalu tebal ini sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan baju gamis, rok, jilbab pashmina dan jilbab segi empat. Jenis kain satin ini juga sangat cocok untuk bahan pakaian sehari-hari karena bowling satin velvet cenderung doff sehingga tidak mencolok. Jenis satin ini juga bersifat adem sehingga nyaman digunakan di cuaca panas.

Kain Satin Faconne atau Jackquard Satin

sumber : https://pusathijabterbaru.com/

Jenis kain satin Faconne atau Jacquard juga disebut dengan satin embos. Karena jenis satin ini memiliki karakteristik motif pada permukaan kainnya. Motif yang ditampilkan berupa garis-garis, paisley, dan berbagai macam motif lainnya. Motif pada permukaan kain jenis satin ini bukan dari hasil cetakan, namun dari hasil bordir dari mesin Jackquard, sehingga jenis kain ini juga disebut sati Jackquard. Meskipun terdapat motif, kain ini tetap terasa halus jika diraba sehingga tetap nyaman jika digunakan sebagi pakaian.

Kain Satin Damask

sumber : https://www.fesyendesign.com/

Jenis kain satin ini memiliki perbedaan dengan satin pada umumnya. Perbedaan yang tampak adalah pada tekstur kainnya, yaitu kain satin damask memiliki pemukaan yang tidak rata atau bertekstur, sedangkan satin umumnya permukaannya flat. Jenis kain ini juga memiliki kelebihan yaitu mudah disablon atau dibordir karena serat kainnya tidak terlalu rapat. Tekstur yang indah, menjadikan jenis kain ini sebagai salah satu bahan dari brand busana.

Kain satin damask berasal dari bahan sutra dengan motif floral yang cukup rumit sehingga jenis kain ini seolah-olah seperti kain beludru dengan permukaan yang berkilau. Maka jenis kain satin damask merupakan salah satu jenis kain yang berkualitas bagus dan harganya cukup lumayan mahal.

Kain Satin Kahatex

Kain satin jenis ini biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa keperluan rumah tangga, seperti perlengkapan ruangan, dekorasi furniture atau hiasan. Serat yang tebal jenis kain satin ini membuat kain kaku sehingga tidak cocok digunakan sebagai bahan pakaian. Kualitas satin Kahatex masih di bawah satin clarissa karena kain kaku dan seratnya kurang rapat. Selain kaku jenis kain ini cukup panas dan kasar sehingga tidak bisa untuk bahan pakaian.

Kain Satin Clarisa

Kain satin jenis ini sering digunakan untuk bahan horden atau kelambu. Selain itu kain ini juga digunakan sebagai dekorasi pada ruanagan pesta. Pada penggunaan pakaian, jenis kain satin ini digunakan untuk rock bawahan dan variasi kebaya modern. Jenis satin ini banyak disukai oleh produsen pakaian karena harganya yang murah. Kelebihan jenis satin ini adalah kain lemes dan tipis sehingga masih cocok dijadikan sebgai pakaian.

Satin Roberto Cavali

Kain satin roberto cavali merupakan kain yang berasal dari gabungan 2 bahan, yaitu bahan silk dan double hycon. Sehingga satin jenis ini memiliki kelebihan kain yang tebal dan adem dan permukaan sedikit mengkilap. Kain jenis ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pashmina dan kebaya modern. Selain itu satin jenis ini juga sering digunakan sebagai bahan baju tidur karena adem dan mudah menyerap keringat.

Kain Satin Cloth

Jenis satin ini memiliki kualitas kain yang bagus. Karena satin ini berbahan dari campuran wol. Jenis kain satin cloth di Indonesia cukup mahal harganya, karena bahan baku harus impor. Saat ini satin cloth terbaik dari negara Prancis. Kualitas satin ini terbukti dengan warna kain yang awet tidak mudah pudar dan luntur meskipun mengalami pencucian berkali-kali. Proses pembuatan satin ini menggunakan wol Prancis yang ditenun dengan teknik satin. Sehingga menghasilkan bahan yang lebih halus, mengkilap dan juga awet.

Kain Satin Sateen

Jenis kain sateen pembuatannya menggunakan bahan dasar rayon atau katun. Proses pembuatannya kain juga menggunakan teknik weave, sehingga menghasilkan permukaan kain yang mengkilap. Perbedaan dengan kain satin pada umumnya menggunakan serat filamen. Sedangkan jenis kain sateen menggunakan serat katun atau short-stap. Kain sateen juga banyak dibuat dari serat katun atau rayon yang berupa rayon viscose sehingga menghasilkan kain sateen lebih lembut dan empuk. Tetapi kain sateen tidak sekuat kain satin.

Kain Satin Slipper

Jenis kain satini satu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan sepatu untuk wanita. Pada umumnya bahan ini digunakan sebagai lapaisan untuk sepatu karena memiliki sifat kain yang kaku dan memiliki permukaan yang mengkilap. Keperluan lainnya yang menggunakan bahan satin slipper adalah pembuatan dompet dan tas.

Kain Satin Silk

Pembuatan jilbab banyak juga yang menggunakan bahan satin silk. Karena kain ini memiliki kualitas terbaik yang berasal dari bahan sutra. Serat alami sutra menciptakan karakteristik kain yang adem, lembut, tipis, dan permukaan kain yang berkilau. Karena bahan jenis satin silk ini kombinasi dengan bahan polyester maka kualitasnya masih dibawah kain sutra asli. Pada busana muslim, satin silk banyak digunakan sebagai bahan gamis, kebaya modern, pashmina, jilbab segi empat, dll. Kelebihan dari jenis satin ini juga memiliki berbagai varian warna.

Nah, demikian 12 jenis kain satin yang banyak beredar dipasaran yang mudah kita temukan. Kedua belas jenis satin di atas bisa menjadi pengetahuan kita supaya dalam membeli busana, atau jika kita ingin membuat busana dengan bahan satin, maka pilihan kita bisa tepat sesuai dengan karakteristik kain dan fungsinya.

Leave a response

fifteen + 10 =